background img
bank bjb 1
Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan Ajak Kader Kesehatan Turun Tangan

Sokong Perilaku Hidup Sehat Masyarakat di Kelurahan Tubo

Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan Ajak Kader Kesehatan Turun Tangan

TERNATE, - Masalah kesehatan tidak akan pernah habis dibahas, ada saja pembahasan seputar kondisi terkini di ranah ini, itu dikarenakan kesehatan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan sebaik-baiknya apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Merujuk pada hal tersebut pada Sabtu (05/09) bertempat di Kelurahan Akehuda Tubo, Pertamina dan Dompet Dhuafa Pendidikan mengajak kader kesehatan Kelurahan Tubo, Ternate Utara, berdiskusi seputar pemaksimalan tenaga dan fasilitas kesehatan melalui program Pertamina Sehati

Pertamina Sehati merupakan program yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak dalam rangka pencapaian implementasi Sustainable Development Goals (SGGs) bidang kesehatan, terus menjadi perhatian utama Pertamina. Terdapat tiga program unggulan yang sudah dijalankan yakni Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu/Polindes/Pusban), Penanganan Gizi Buruk dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kita semua tahu kalau kesehatan merupakan hal penting. Di tengah pandemi seperti sekarang semestinya kita bisa lebih menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan. Saya senang sekali akan ada program Pertamina Sehati di Kelurahan Tubo. Dengan begini kami bisa mengkolaborasikan program Kampung Hijau dan Kampung Siaga Covid di Kelurahan Tubo supaya bisa memberi kebermanfaatan lebih banyak dan lebih luas lagi,” tutur Mas’at, Ketua Kader Kesehatan Posyandu, Kelurahan Tubo

Para kader kesehatan sepakat mendukung dan akan membersamai program Pertamina Sehati. Menurut Mas’at program ini sejalan dengan visi dan misi mereka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), meningkatkan kesadaran tentang penerapan protokol kesehatan, meningkatkan gizi untuk Ibu hamil dan bayi serta anak-anak.

“Pelaksanaan program Pertamina Sehati memang saling terkait dengan program kami lainnya. Sederhananya nanti para Relawan Siaga Covid berkolaborasi dengan kader kesehatan untuk sosialisasi. Sedangkan program Kampung Hijau dengan KWT-nya akan mendukung pasokan bahan masakan berupa sayur segar untuk dimanfaatkan sebagai upaya peningkatan gizi di masyarakat,” ujar Resi Vauziah. Ia menambahkan jika pada 11 dan 12 September mendatang Pertamina Sehati akan mengadakan aktivitas sosialisasi kesehatan dan pemberian makanan bergizi untuk ibu hamil di Posyandu Kelurahan Tubo.

Program Pertamina Sehati bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap hidup sehat, dalam kurun waktu dua tahun program ini telah dilakukan di Palembang, Balikpapan, Balongan, Kalimantan Timur, Manokwari, Sorong, Jakarta, dan Maluku. (ARxMI)

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah