background img
bank bjb 1
Pemkab Karawang Berupaya Keras Menekan Stunting

Pemkab Karawang Berupaya Keras Menekan Stunting

KARAWANG,- Ketua Satgas stunting Karawang, Dedi Nuryadi mengatakan pada 2019 di Karawang terdapat 19 kecamatan dan 54 desa stunting.

Kemudian Pemerintah Karawang berupaya menekan angka itu hingga tersisa 14 kecamatan dan 36 desa di 2020. Bahkan, ada kecamatan yang sama sekali tidak ada kasus stunting, yakni Kecamatan Batujaya.

"Penurunan ini karena kami miliki program di 2019 yang secara serius dilaksanakan dan berkelanjutan, seperti sinkronisasi program kegiatan dengan intervensi ke daerah yang terdata stunting," ujarnya, pada wartawan Jumat (18/9/2020).

Tak hanya itu, pihaknya pun rutin melakukan rembug stunting hingga tingkat kecamatan. Kemudian, adanya pembentukan satgas stunting merupakan bentuk keseriusan Pemkab Karawang menekan stunting.

"Nanti ke depan akan dibentuk satgas stunting pada tingkat kecamatan untuk mematangkan rencana tindaklanjut di tahun depan," katanya.

Dedi juga mengaku setiap akhir tahun Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Pembangunan Daerah menilai kinerja ini.

Pada akhir 2019, Karawang mendapat pujian karena memiliki inovasi pencegahan stunting, salahsatunya seperti garobak sawarga (aplikaso yang dibuat oleh Dinkes), Karawang Motekar (perencanaan yang berpihak pada perempuan, anak, dan disabilitas oleh Bappeda), hingga pemberian handphone untuk forum RW se-Karawang melalui aplikasi oleh DPMD. (Ms)

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah