background img
bank bjb 1
Youth Inspiraction Camp 2020: Pemuda Harus Berusaha Semaksimal Mungkin Ketimbang Ngemis

Youth Inspiraction Camp 2020: Pemuda Harus Berusaha Semaksimal Mungkin Ketimbang Ngemis

BOGOR,– Sebagai rangkaian Youth Inspiraction Camp (YIC) 2020 Etos ID helat Inspiraction Community bekerjasama dengan Komunitas Ketimbang Ngemis Jakarta (KNJ). Sesi ini diisi oleh Utami Nur Kholifah, CEO Ketimbang Ngemis Jakarta. Utami menjelaskan bahwa KNJ merupakan komunitas sosial yang diisi oleh anak-anak muda, fokusnya memberikan pengaruh kepada masyarakat luas untuk membantu Sosok Mulia atau Solia yaitu para orang tua lanjut usia (Lansia) yang masih mau berusaha meskipun dalam keterbatasan dan tetap mencari nafkah bagi diri sendiri, keluarga, dan menolak mengemis.

“”Membeli sama dengan member” menjadi semangat kami bertujuh membantu mereka yang kurang beruntung namun menolak mengemis,” kata Utami. Ia mengatakan bahwa setiap pribadi memiliki peran berbeda-beda dan mampu berkontribusi.

Selama lima tahun berdiri, KNJ memiliki banyak kegiatan seperti memberikan donasi kepada para Solia, kegiatan special project yang mengikuti tren seperti funday with Solia, Kado Lebaran untuk Solia, dan Solia Berqurban; juga project kolaborasi di mana KNJ bekerjasama dengan Abang None Kepulauan Seribu membuat Seribu Kebahagiaan Bersama Solia.

“KNJ bukan mencari funding, namun berjalannya waktu kunci dari semuanya adalah “trust”, awalnya dana masih berasal dari anggota hingga akhirnya para donatur datang dengan sendirinya dan menitipkan sebagian rezeki mereka untuk para Solia,” imbuh Utami

Utami menyampaikan beberapa hal yang harus dipahami jika ingin membuat sebuah gerakan, pertama harus peka terhadap apa yang sedang terjadi di masyarakat. Kedua, analisa dan mencari informasi sebanyak-banyak tentang fenomena atau masalah saat ini. Ketiga mau berdiskusi. Keempat memulai aksi sebagai solusi dari masalah yang terjadi

“Kenali diri sendiri dengan baik maka kita akan mengetahui hal apa yang bisa kita lakukan untuk membuat perubahan,” pesannya menutup Inspiraction Community.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah