background img
bank bjb 1
Pendidikan di Bangka Belitung Jadi perhatian DPRD

Pendidikan di Bangka Belitung Jadi perhatian DPRD

PANGKALPINANG,  - Wakil Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi dan Hendra Apollo bersama Komisi IV berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait bidang pendidikan.

Kunjungan pada Rabu (23/9/20), disambut antusias oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Wahyu. Turut serta hadir perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Banyak hal yang ingin kami pelajari dari Jawa Barat, di antaranya tentang kerja sama Dinas Pendidikan Jawa Barat dengan perguruan tinggi terutama PTN," ungkap Wakil Ketua DPRD Amri.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wahyu menjelaskan bahwa Jawa Barat melaksanakan kerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal ini melalui alokasi anggaran hibah provinsi. Di antaranya dengan IPB yang membuka kelas jarak jauh dan bertempat di Sukabumi.

Selain itu Dinas Pendidikan juga menyediakan lahan pembangunan gedung melalui dana hibah.

Melengkapi penjelasannya, Sekdis Pendidikan Jabar ini juga memaparkan program JFL (Jabar Future Leader) yang merupakan program beasiswa bagi masyarakat Jawa Barat berprestasi yang berkuliah, baik itu di PTS ataupun PTN.

Terkait bentuk kerja sama SMK dengan pihak industri ada beberapa program yang dilakukan seperti pemprov juga bekerja sama mandiri dengan perusahaan swasta.

Untuk kondisi pembelajaraan saat ini masih ada beberapa daerah yang terkendala jaringan internet. Menyikapi hal ini, Gubernur Jawa Barat melakukan kerja sama dengan provider.

Bagi daerah yg tidak ada jaringan internet (blankspot), cabang Dinas Pendidikan telah bekerja sama dengan provider, dengan menyediakan wifi di beberapa tempat yang dapat dijangkau para siswa.

Untuk masing - masing siswa, Pemprov. Jabar melalui Dinas Pendidikan memberikan bantuan kuota sebanyak 10GB perbulan.

"Pelajaran dan masukan dari Provinsi Jawa Barat sangat berarti untuk kami dan sekiranya ada yang bisa kami adopsi di Babel. Seperti kerja sama dengan provider bisa kami diskusikan dengan eksekutif, mengingat masih cukup banyak daerah yang juga terkendala jaringan internet," pungkas Wakil Ketua DPRD Amri Cahyadi di akhir pertemuan.(spn/babel).

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah