background img
bank bjb 1
UPS Tegal Terjunkan 1.270 Mahasiswa KKN di 119 Desa

UPS Tegal Terjunkan 1.270 Mahasiswa KKN di 119 Desa

TEGAL - Ditengah masa pandemi seperti ini, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal terjunkan 1.270 mahasiswa KKN pada Senin 2 November 2020.

1.270 mahasiswa akan ditempatkan 119 desa yang di bagi empat wilayah di antara nya Kota Tegal 18 kelurahan, Kabupaten Tegal 61 desa, Kabupaten Brebes 29 desa, dan Kabupaten Pemalang 11 desa.

Pada Kuliah Kerja (KKN) Nyata kali ini mengangkat tema DAYA SAKTI LAWAN COVID 19. KKN DAYA SAKTI (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KKN PANCASAKTI) LAWAN COVID 19 adalah kegiatan KKN yang kegiatannya adalah berhubungan dengan pencegahan Covid19 dengan muatan tambahan yang mengarah enam (5) pilar yaitu : Pilar Lingkungan, Pilar Kesehatan, Pilar Ekonomi, Pilar Pendidikan, dan Pilar Berkepribadian Pancasila yang diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menerapkan ke lima pilar tersebut disamping menghasilkan kegiatan unggulan yang berdampak luas bagi masyarakat dan pencegahan Covid19, misalnya Teknologi Tepat Guna (TTG) dan sebagainya.

Irfan Santosa, M.T selaku Kepala Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal menyampaikan KULIAH KERJA NYATA (KKN) tahun 2020 ini memang beda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya mahasiswa bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan terjun langsung ke masyarakat, berinteraksi langsung dengan masyarakat yang harapannya adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa, sehingga setelah lulus akan menjadi sarjana yang turut aktif dalam pembangunan daerah.

Tetapi tidak tahun 2020 ini, dimana Pandemic Covid 19 melanda seluruh dunia khususnya di Indonesia ini dan dimana penyebarannya sudah mencapai kluster perkantoran, kluster keluarga maka untuk kegiatan KKN ini mahasiswa tidak terlibat langsung berinteraksi dengan masyarakat.

Kegiatan KKN tahun 2020 ini adalah bersifat daring/online kemudian by produk dimana output wajib dari kegiatan KKN ini adalah kelompok mahasiswa KKN bisa memberikan produk alat cuci tangan massal dan juga output tambahan berhubungan dengan 5 pilar diatas yang diharapkan bisa didistribusikan di masyarakat sebagai bentuk pencegahan Covid19 ini. Kalaupun ada kegiatan KKN yang memang harus melibatkan masyarakat secara luring/offline itu juga harus dengan protocol kesehatan yang cukup ketat.

KKN dilaksanakan oleh mahasiswa lintas program studi, sehingga dalam menyelesaikan masalah di lokasi KKN mereka berlatih mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu, dan juga kerjasama dengan lembaga-lembaga yang terkait. KKN juga bertujuan : Membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu, kami berharap, Organisasi Perangkat Dearah (OPD) dapat membantu KKN ini dengan mensinergikan Program Organisasi Perangkat Dearah (OPD) yang relevan dengan Program Mahasiswa KKN.

Disamping KKN dengan tema DAYA SAKTI LAWAN COVID 19 juga terdapat Program Pengabdian Masyarakat Dosen melalui KKN alternatif di beberapa wilayah Selanjutnya, kami sangat mengharapkan bimbingan dari Kepala Daerah beserta jajaran Organisasi Perangkat Dearah (OPD) terkait agar Kegiatan KKN dapat terlaksana dengan baik, demi menyejahterakan masyarakat.

Dalam kesempatan kali ini, Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd. selaku Rektor Universitas Pancasakti Tegal juga menyampaikan KKN adalah program intrakurikuler yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuan utama KKN adalah untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat, sedangkan secara khusus tujuan KKN adalah meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat, menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah, mendekatkan Universitas Pancasakti Tegal dengan masyarakat, membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat, dan mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga.(hid/ist)

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal