background img
bank bjb 1
Tim KKN Kampung KB 2020 Gelar Webinar, Diikuti Ratusan Peserta Dari Mahasiswa Dan Umum

Tim KKN Kampung KB 2020 Gelar Webinar, Diikuti Ratusan Peserta Dari Mahasiswa Dan Umum

TEGAL - kelompok KKN Kampung KB 2020 mengadakan webinar GENenerasi beREncana (GENRE), Rabu (11/11) yang bertemakan “Menjadi Remaja yang Tanggap dan Inovatif Dimasa Pandemi serta Perannya Dari Sisi Hukum”, tema tersebut disajikan oleh narasumber Laela Safitri dan M. Farazandi Arsyadul Ubaid perwakilan dari forum GENRE di Kota Tegal (DPPKBP2PA) dan DPL KKN Kampung KB 2020 Ibu Sesya Dias Mumupuni, M.Pd.

PIK-Remaja merupakan suatu wadah kegiatan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak – anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagi kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Masa remaja seperti ini oleh Bank Dunia disebut sebagai masa transisi kehdiupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal, transisi kehidupan yang dimaksud menurut progress report world bank adalah : (1) Melanjutkan sekolah, (2) Mencari pekerjaan, (3) Memulai kehidupan berkeluarga, (4) Menjadi anggota masyarakat dan (5) Mempraktikkan hidup sehat.

Program PBKR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dilaksanakan berkaitan dengan bidang kehidupan yang kelima dari transisi kehidupan remaja dimaksud, yakni mempraktikkan hidup secara sehat.
E Empat bidang kehidupan lainnya yang akan dimasuki oleh remaja sangat ditentukan oleh berhasil tidaknya remaja mempraktikkan kehidupan yang sehat. Dengan kata lain apabila remaja gagal berperilaku sehat, kemungkinan besar remaja yang bersangkutan akan gagal pada empat bidang kehidupan lainnya.

Pelaksanaan webinar ini bertujuan yaitu untuk memenuhi syarat luran wajib dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pancasakti Tegal dan merupakan salah satu program unggulan dari tim Kuliah Kerja Nyata Alternatif Kampung KB 2020 sebagai salah satu inovasi kegiatan KKN selama pandemi, Menjadikan remaja yang tanggap dan inovatif di masa pandemi, Memberikan wawasan bagi remaja selama di era New Normal, Agar remaja mengetahui tentang generasi berencana dan agar tidak salah ambil langkah dalam setiap pegambilan keputusan, Agar remaja merencanakan masa depannya secara dini.

Webinar dilakukan oleh tim KKN Kampung KB 2020 melalui zoom meeting dan live streming Youtube. Dengan mempertimbangkan kondisi yang masih belum bisa untuk mengumpulkan masa atau berkerumun yang diikuti sebanyak 194 peserta dari mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal dan umum mulai dari Sumatera, Jawa Timur hingga Gorontalo ditutup dengan melakukan sesi foto bersama.(hid/ist).

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal