background img
bank bjb 1
Pemkot Tegal Luncurkan Gerakan Ayo Sekolah Lagi

Pemkot Tegal Luncurkan Gerakan Ayo Sekolah Lagi

TEGAL-Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan gerakan Ayo Sekolah Lagi (Asela) di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Rabu (25/11).

Asela merupakan gerakan kembali untuk sekolah yang merupakan program sesuai visi Pemerintahan Dedy-Jumadi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Ismail Fahmi menyapampaikan pendidikan harus didorong agar memberikan manfaat untuk masyarakat Kota Tegal. Salah satu tujuan negara mencerdaskan kehidupan bangsa dan pendidkan hak setiap warga negara.

Fahmi menyebut, berdasarkan data tahun 2018 terdapat anak putus sekolah di Kota Tegal sejumlah 573 orang. Kemudian pada tahun 2020, pihaknya melakukan verifikasi dan validasi by name, by address terdapat 78 orang.

"Ini yang akan kami optimalkan agar mereka ke sekolah," ujar Fahmi.

Nantinya, kata Fahmi, mereka menuntut ilmu melalui pendidikan non formal atau kejar paket A, B dan C. Jadi, tambah Fahmi, kejar paket A setara dengan SD, kejar paket B setara dengan SMP dan kejar paket C setara dengan SMA.

"Baik sekolah formal maupun non formal tidak ada perbedaan. Semua sama. Ijazah atau sertifikat dapat digunakan untuk mendaftar disekolah manapun. Bisa untuk melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi atau bisa untuk mendaftar pekerjaan," imbuh Fahmi.

Pada kesempatan tersebut Fahmi menceritakan salah satu Alumni Pendidikan Non Formal kejar paket B di Sekolah Terminal diterima di salah SMA Negeri yang favorit di Kota Tegal. Selain itu, lulusan kejar Paket C juga dapat melanjutkan ke perguruan tinggi favorit.

Pengelola Sekolah Terminal Dr. Yusqon mengapresiasi program Asela. Program Ayo Sekolah Lagi merupakan harapan besar di dunia pendidikan khususnya di Kota Tegal.

Salah satu siswa Kejar Paket C Sekolah Terminal Widianti (20) mengaku senang dapat kembali bersekolah. Sebelumnya Widianti sekolah di SMK hingga kelas 2. Saat naik kelas, Widianti tak melanjutkan sekolah sehingga Widianti berharap apabila lulus Kejar paket C dapat melanjutkan ke universitas favorit. (hid/ful).

Berita Lainnya
PDAM Kota BDG babael HUT Tegal 5 bjb
Brebesa 4 Brebes Paguyuban Asep Dunia HUT Tegal