background img
BJB 2017
Serentak, Ratusan Anak SD Di Brebes Cuci Tangan Pakai Sabun

Serentak, Ratusan Anak SD Di Brebes Cuci Tangan Pakai Sabun

BREBES - Sebanyak 659 anak SD Negeri 01, 02 dan 04 Larangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah melakukan cuci tangan secara serentak di halaman sekolah setempat, Kemarin.

Praktek mencuci tangan tersebut dalam rangka memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia (HCTPS), yang jatuh setiap tanggal 15 oktober.  Mereka sangat gembira bercuci tangan pakai sabun, karena didampingi Wakil Bupati Brebes Narjo SH beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes Sri Legiastuti Narjo.

Wakil Bupati Brebes Narjo, SH mengatakan,Mencuci tangan pakai sabun, ternyata mampu menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Narjo mengajak seluruh siswa untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan baik dan benar dengan memakai sabun. Karena dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus seperti flu, diare, gangguan pernafasan, dan cacingan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes Ny Sri Legiastuti Narjo selaku Ketua Panitia menjelaskan, diajaknya para siswa SD untuk mencuci tangan pakai sabun, agar mereka mengetahui tentang kebersihan sejak dini.

Hari cuci tangan pakai sabun sedunia mengajak segenap lapisan masyarakat, terutama anak-anak kelompok usia sekolah untuk benar-benar melakukan cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir setiap hari dan seumur hidup sebagai suatu gerakan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi Parwoko menuturkan, peringatan HCTPS 2017 mengambil tema our hand our future atau tangan kita masa depan kita. Menurutnya, tangan merupakan organ yang paling sering bersentuhan dengan berbagai hal baik tubuh kita sendiri maupun benda–benda di sekitar, seperti pensil, buku, penggaris, meja, kursi sampai toilet yang mungkin telah terkontaminasi oleh kuman-kuman. Tangan menjadi perantara berbagai kuman dan virus dapat masuk ke dalam tubuh kita.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Pemberdayaan dan Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Brebes Muktar MKes menambahkan, Kecamatan Larangan terpilih menjadi lokasi peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia tahun ini, karena kecamatan Larangan merupakan kecamatan yang menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat. Terutama dalam hal pemanfaatan sarana sanitasi dan prilaku cuci tangan pakai sabun dari tahun ke tahun meningkat secara signifikan, sehingga masyarakat menjadi sehat.(Hid/was)

Berita Lainnya
IKLAN BABEL 5 IKLAN TAHUN BARU ISLAM RADIO THOMSON1 HARI TAHUN BARU ISLAM
Hotel Pasa baru IKALAN KANG ERWIN IKLAN BABEL PPP IKLAN PARTAI DPI BABEL