background img
Leaderboard BJB 2018
Banjir dan Longsor, 12 Tewas di Vietnam

Banjir dan Longsor, 12 Tewas di Vietnam

HANOI - Banjir bandang dan tanah longsor menewaskan sedikitnya 12 orang di Vietnam tengah, Minggu (18/11). Menurut para pejabat, ratusan tentara dikirim untuk membersihkan desa-desa yang hancur dan membasuh jalanan.

Hujan lebat melanda provinsi Khanh Hoa tengah selama beberapa hari terakhir karena depresi topan Toraji bertiup dari Laut China Selatan. Hujan akhirnya memicu tanah longsor yang menyapu bersih rumah-rumah dan menghancurkan satu waduk kecil.

Seorang pejabat dari kantor bencana provinsi mengatakan setidaknya puluhan orang telah tewas sejauh ini, saat pencarian beberapa korban lain sedang berlangsung.

“Kami telah memobilisasi ratusan pasukan tentara untuk membantu warga dan membersihkan jalan yang rusak,” katanya.

Jalan raya utama yang menghubungkan utara dan selatan Vietnam untuk sementara diblokir dan beberapa rute kereta api terganggu. Gambar di media pemerintah menunjukkan rumah-rumah hancur yang terkubur di bawah puing-puing dan kendaraan yang terendam banjir.

Penduduk yang panik menceritakan tentang upaya warga yang lari dari rumah ketika tanah longsor bergemuruh menuruni gunung-gunung di dekatnya.

“Kami melarikan diri setelah mendengar suara batu jatuh yang besar. Ketika kami kembali beberapa jam kemudian, semua rumah kami hancur,” kata penduduk kota Nha Trang, Liem, dikutip oleh situs berita resmi resmi Khanh Hoa.

Khanh Hoa merupakan tempat bagi kota resor pantai populer Nha Trang. Khanh Hoa dilanda topan Damrey tahun 2017, yang menewaskan 27 orang. Secara rutin, Vietnam dilanda hujan lebat selama musim topan dari Mei hingga Oktober.

Setidaknya 185 orang tewas dalam bencana alam di Vietnam sejak Januari. Menurut angka resmi, tahun 2017, sejumlah 389 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam, yang menyebabkan kerusakan senilai US $ 2,6 miliar.

sumber : AFP/SP

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng