background img
bank bjb
Antisipasi Bencana, Brebes Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Antisipasi Bencana, Brebes Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Brebes. -- Guna mengantisipasi berbagai kemungkinan resiko bencana, Pemerintah Kabupaten Brebes bekerja sama dengan Kodim 0713/Brebes menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana 2019. Apel dipimpin Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, di halaman Islamic Center Jalan Yos Sudarso, Brebes, Rabu (9/1). Berbagai unsur yang terlibat dalam tanggap bencana hadir sebagai peserta termasuk berbagai alat tanggap bencana juga dipamerkan.

Bupati Brebes berharap, pelaksanaan apel ini dapat membawa dampak positif sekaligus pembuktian bahwa kita semua akan selalu tanggap dalam penanggulangan kebencanaan.“Bencana tidak bisa dicegah, yang bisa kita bersama lakukan adalah antisipasi dan penanganan dalam upaya meminimalisir korban jiwa dan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh suatu bencana,” ujar Idza.

Bupati juga sangat mengapresiasi atas kesiapan seluruh stakeholder terkait, baik Pemerintah Kabupaten, TNI, Polri beserta relawan dari masyarakat dalam menghadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana.
Bupati mengingatkan bahwa Brebes merupakan daerah yang memiliki Geografis dan demografis yang cukup komplit dari daerah pantai, dataran hingga pegunungan ada, sehingga Brebes menyimpan potensi bencana yang cukup besar. Terbukti tahun lalu, Brebes dilanda banjir dan longsor bahkan sempat menjadi isu nasional.
"Memasuki Januari, kita sudah merasakan intensitas hujan yang cukup tinggi. sehingga perlu adanya kewaspadaan agar natinya bisa meminimalisir dampaknya,” ungkapnya.

Sebelum apel dimulai, Bupati didampingi Dandim 0713.Brebes Faisal Amri, Wakapolres dan Forkopimda lainya melakukan pemeriksaan peserta apel. Satu persatu dilakukan dialog dengan Dandim maupun Bupati. Mereka yang tergabung dalam barisan apel seperti Kodim 0713, Polres Brebes, Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), DPU, Dinas Kesehatan, PMI, SAR, Damkar, LPBI NU, FKPPI, Pramuka serta relawan kebencanaan lainya mengaku siap berkiprah.
Selain personel, apel kesiapsiagaan juga menghadirkan peralatan yang akan digunakan untuk mendukung kegiata penanganan bencana seperti beberapa alat berat, dapur umum, ambulance, truk evakuasi, perahu karet, sepeda motor jenis trail dan peralatan lainnya.
Sementara Komandan Kodim 0713 Brebes Faiza Amri mengajak seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat untuk tanggap terhadap ancaman bencana, mengingat bencana tidak bisa dicegah.

Dikatakannya, bencana hanya bisa di tanggulangi dan diantisipasi, penanggulangan bencana juga tidak lagi dititik beratkan hanya pada penanganan kedaruratan namun lebih kepada upaya pengurangan resiko bencana itu sendiri.

Turut hadir dalam Apel tersebut, antara lain Anggota DPRD Brebes Siti Mazkiyah SH MMKes, Dandim 0713 Letkol Infantri Faizal Amri, Wakapolres Brebes AKBP Faizal Perdana SIK, Assisten I Setda Brebes Athoillah Msi, Kepala BPBD Brebes Ir Nuhsy Mansyur MSc, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, camat serta tamu undangan lainya. (ys, wsd).

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang MINICON1 MINICON1 IKLAN SALES MOTOR