background img
bank bjb
Tambang Rajuk Citraland, Kapolsek : Kita Sudah Lakukan Upaya Persuasif,Setelahnya Ditindak Tegas

Lokasi yang diduga sebagai tempat parkir ponton TI rajuk kolong Bacang Pangkalpinang,Provinsi Bangka Belitung ( Babel )

Tambang Rajuk Citraland, Kapolsek : Kita Sudah Lakukan Upaya Persuasif,Setelahnya Ditindak Tegas

Pangkalpinang Bangka Belitung sinarpaginews -- Maraknya aktivitas yang sangat patut diduga ilegal terkait penambangan di kolong bacang. Mendapatkan atensi khusus dari aparat hukum. Dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang dan Kepolisian Sektor Bukit Intan, Rabu (20/02).

Pantauan media pagi tadi, Rabu 20/02 di lokasi kolong bacang -yang juga bersebelahan dengan lokasi wisata taman bacang- menyebutkan, bahwa untuk aktivitas tadi justru terlihat tiarap di siang hari. 

Menurut keterangan petugas 

keamanan di komplek perumahan citraland, Recky saat diwawancarai oleh awak media, Ia menyebutkan bahwa dirinya memang mengetahui adanya lokasi TI Rajuk di kolong PDAM. Namun ia juga menambahkan bahwa ia tidak mendengar aktivitas suara mesin dompeng di siang hari.

“Kalau soal tahu, sih ya tahu pak. Kan saya jaga disini. Itu kalau mau lihat ke lokasi agak sulit pak medannya, harus masuk lewat taman wisata kolong bacang dan sewa perahu,” jelasnya, Rabu 20/02.

Sementara itu awak media coba menelusuri pintu masuk area ponton TI Rajuk diparkir. Yang disebutkan oleh Security tadi bisa ditembus lewat pabrik beton yang terletak di sempadan kolong bacang. Dan menemui salah satu pekerja disana. 

“Kalau aktivitas TI disitu terus terang kita kurang paham karena kalau siang tidak ada bunyi mesin. Mungkin kerjanya malam pak,” ucap Shobar (51 tahun) pada awak media.

Disaat yang sama, Kasatpol PP Pemkot Pangkalpinang Rasdian ketika dikonfirmasi oleh media ini mengatakan, bahwa pihaknya pasca penayangan berita sebelumnya telah menelusuri siapa yang ada disitu. 

“Setelah ada giat pengamanan demo Kejati kemarin, kan kita sudah utus anggota bersama Kepolisian Sektor Bukit Intan. Ada 7 nama yang masuk infonya ke saya,” ucap Kasatpol PP via sambungan seluler, Rabu (20/02). 

Rasdian menambahkan, bahwa dalam hal ini pihaknya jelas-jelas telah memperingatkan pihak yang berada disitu, soal larangan melakukan aktivitas ilegal tambang konvensional di kolong bacang.

“Kita sudah berupaya persuasif pada mereka, tapi kalau infonya mereka masih lakukan aktivitas ya akan diambil tindakan selanjutnya,” tegas Rasdian. 

Senada dengan Kasatpol PP, Kapolsek Bukit Intan AKP Adi Putra ketika dikonfirmasi perihal masih adanya aktivitas tambang rajuk ilegal di seputaran kolong bacang. Kapolsek kembali menegaskan bahwa kepolisian sebelumnya sudah berusaha mengedepankan langkah preventif. 

“Kita kemarin kan, dua hari yang lalu sudah kasih himbauan pada mereka agar segera menghentikan aktivitas tadi. Tapi kalau mereka kembali beraktivitas lagi, ya tindakan tegas tak segan-segan kita akan lakukan disana,”kata Kapolsek lewat sambungan seluler, Rabu (20/02)..... (Lukman Hakim)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah thomson radio
Pengumuman KPU Kota Malang BUS JAKEL HOLYDAY MINICON1 IKLAN SALES MOTOR