background img
bank bjb
Polda Metro Gagalkan 6 Kg Sabu Siap Edar dalam Kemasan Abon Lele

Polda Metro Gagalkan 6 Kg Sabu Siap Edar dalam Kemasan Abon Lele

Jakarta - Subdit I Ditnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat narkoba jaringan Riau - Jakarta - Bandung dan menyita enam kilogram sabu siap edar dari tangan para tersangka. Modusnya, sabu dimasukan ke dalam kemasan abon lele sebagai penyamaran untuk mengelabui petugas.

Peredaran narkoba jenis sabu dengan modus disamarkan dalam abon memang masih marak terjadi. Sebelumnya, Polda Metro Jaya pernah mengungkap jaringan Banjarmasin - Jakarta - Bandung yang menyelundupkan sabu dalam teri medan. Paket abon dipilih karena baunya bisa menyamarkan sabu bila dicampur.

Setidaknya dalam kasus yang baru ini ada enam kilogram sabu yang berhasil diputus sebelum dijual ke masyarakat. Polisi sendiri menciduk enam orang pelaku dalam kasus ini, mereka adalah SUL, NOL, RID, TED, RUD, OGI.

"Jadi total barang bukti yang diamankan daru SUL sebanyak 6 kg sabu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono didampingi Kasubdit I AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Rabu (13/3/2019).

Ke enam tersangka ditangkap polisi di daerah yang berbeda. Ada yang di Jakarta, ada pula yang di daerah. Polisi juga masih memburu empat orang pelaku lainnya, HB, YG, TN dan PRESS.

"Hasil pendalaman dan pengembangan, jaringan ini dikendalikan oleh tersangka PRES (DPO). Saat ini tim sedang melakukan pengembangan terhadap tersangka dan DPO lainnya," kata Argo.

Para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Mereka dipidana dengan
pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 11 orang pelaku jaringan narkoba Banjarmasin - Jakarta diciduk polisi karena coba menyelundupkan sabu dan pil ekstasi dalam kemasan teri Medan. Para pelaku ini ditangkap di tempat yang berbeda.

Ke 11 pelaku yang dicokok adalah HAR, FIR, AH, GZ, NR, AR, AW, ZN, TON, FM, dan YAH. Mereka ditangkap di tempat berbeda.


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS