background img
bank bjb
Perlu Berdo'a, Warga Rancaekek Sadari Ini Peringatan Tuhan

FOTO: Hujan Berintensitas Tinggi dan Angin Kencang Menerjang area Borma Rancabatok, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. (@PageFbInfoRancaekekByRieskady)

KERAP TERJADI: Hujan Berintensitas Tinggi disertai Angin Kencang

Perlu Berdo'a, Warga Rancaekek Sadari Ini Peringatan Tuhan

RANCAEKEK - Akhir-akhir ini, hujan lebat sering melanda wilayah Kabupaten Bandung. Hujan lebat tersebut terkadang disertai angin kencang ataupun petir sehingga membuat warga hawatir.
 
Seperti yang terjadi pada Minggu (14/4/2019) siang, di mana hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan salah satu warga Rancaekek yang merasakannya membuat jantung berdebar.
 
Hal itu dirasakan Jafar Shodiq (46), saat dirinya hendak pulang menuju kediamannya di Kampung Rancakendal, Desa Jelegong, Kecamatan Ranaekek, sepulang dari Kecamatan Paseh.
 
"Hujan Angin yang terjadi tadi, membuat saya hawatir," diungkapkan Jafar saat berkesempatan bertemu sinarpaginews.com ketika hendak melaksanakan Solat Ashar di Mushola Al - Masoeum, tepatnya belakang Pom Bensin Dangdeur Rancaekek. Minggu (14/4) sore.
 
Pada saat itu, dirinya menyaksikan hujan deras disertai angin kencang tersebut menyeret sebagian material atap rumah yang ada di sekitaran Rancabatok ketika dirinya menuju arah Rancaekek sepulang dari Kecamatan Paseh.
 
Selain itu, hujan disertai petir yang menyambar-nyambar membuat dirinya semakin hawatir.
 
"Ada apa ini, semua kejadian pasti ada maksudnya," kata Jafar meyakini bahwa kejadian tersebut adalah peringatan dari Alloh Swt.
 
Menurutnya, sebagai seorang muslim, ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan agar saat cuaca ekstrem seperti itu, tetap mendatangkan berkah dan tentunya bisa menenangkan hati.
 
Jafar menjelaskan, doa-doa itu berlatarkan sumber dan kajian dari buku yang sering dia pelajari.
 
"Berikut adalah doa saat turun hujan lebat disertai angin kencang ataupun petir yamg bisa kita Lihat dari Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus) Jakarta.", terangnya.
 
1. Doa Saat Turun Hujan
اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا
(Allâhumma shayyiban haniyyâ wa sayyiban nâfi‘â)
Artinya: “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat,”.
 
2. Doa Saat Hujan Lebat yang Dikhawatirkan Membawa Bencana
 
Saat hujan semakin lebat dan dikhawatirkan akan membawa bencana, berikut doa yang bisa dipanjatkan:
اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
(Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari)
 
Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan. (HR. Bukhari no. 1014)
 
3. Doa Ketika Petir Menyambar-nyambar
 
Dalam kitab al-Muwaththa’ malalui sanad yang shahih disebutkan, kala mendengar guruh (halilintar) Rasulullah menghentikan pembicaraan lalu berucap :
سُبْحانَ الَّذي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالمَلائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ 
(Subhânal-ladzî yusabbihur ra‘du bihamdihi walmalâ-ikatu min khîfatihi)
 
Artinya: Mahasuci (Allah) Dzat yang guruh itu bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya.
 
Dalam riwayat lain dengan sanad yang lemah, doa lain Rasulullah saat mendengar guruh adalah:
اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنا بِغَضَبِكَ ولا تُهْلِكْنا بِعَذَابِكَ وَعافِنا قَبْلَ ذلكَ
(Allahumma lâ taqtulnâ bighadlabika walâ tuhliknâ bi‘adzâbika wa ‘âfina qabla dzâlika)
 
Artinya: Ya Allah, jangan Kau bunuh diri kami dengan murka-Mu, dan jangan Kau rusak diri kami dengan siksa-Mu, dan maafkanlah kami sebelum semua itu.
 
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS