background img
bank bjb
Babinsa Koramil 06/Wedung Rujuk Pasien Gangguan Jiwa Ke Semarang

Babinsa Koramil 06/Wedung Rujuk Pasien Gangguan Jiwa Ke Semarang

Demak - Babinsa Kendalasem Koramil 0716-06/Wedung yang hadir dengan tim dari kepala Puskesmas Wedung II dr.Eka Nawariyanti Dalumonte serta intansi terkait akhirnya merujuk seorang pasien dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) bernama Abdul Aziz (20 th) yang merupkan putra dari bapak Sarwono, warga Desa kendalasem Wedung,Demak, Jawa Tengah, ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Terkait dengan Abdul Aziz, Tim Puskesmas telah hadir terlebih dahulu melakukan assesment terhadap yang bersangkutan dan keluarganya, untuk menentukan tindakan cepat yang harus dilakukan dalam penanganan yang bersangkutan," kata kepala puskesmas wedung II dr.Eka Nawariyanti Dalumonte, Kamis,(16/5/19).

Hadir dalam kegiatan kunjungan ke rumah Abdul Aziz di Desa kendalasem kecamatan Wedung kabupaten Demak, yakni dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, warga yang merupakan pendamping serta sejumlah perangkat desa lainnya.
Setelah melalui evaluasi, akhirnya diputuskan bahwa Abdul Aziz dirujuk ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang untuk mendapatkan perawatan intensif terhadap kesehatan jiwanya.

Sementara itu Babinsa Serma Purjiyo mengatakan bahwa ini atas inisiatif saya dan warga saat berkunjung ke desa tersebut untuk membawa saudara Abdul Aziz ke RSJ.
“Dulu sudah saya bawa ke RSJ tapi ini kambuh lagi untuk itu akan saya bawa lagi kesana," kata Purjiyo.

Ia menambahkan keberangkatan ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang tersebut juga didampingi petugas dari Puskesmas Wedung dan kerabat dari Abdul Aziz. Hal itu dilakukan sebab untuk tindakan harus ada persetujuan keluarga.

"Untuk Dinsos Kabupaten Demak juga sudah diminta melakukan pemantauan dengan kunjungan secara berkala ke RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang sampai yang bersangkutan dinyatakan bisa dipulangkan," ujar Purjiyo.

Ia menambahkan bahwa selama ini Abdul Aziz memang diketahui mengalami gangguan kejiwaan dan tinggal dengan orang tuanya Dari komunikasi yang telah dilakukan, sebenarnya yang bersangkutan mendapatkan kunjungan rutin dari perawat jiwa puskemsas di desanya dengan fasilitasi BPJS Kesehatan.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS