background img
bank bjb
Atasi Kebakaran,  Disdamkar Garut Siap Siaga 24 Jam

Atasi Kebakaran, Disdamkar Garut Siap Siaga 24 Jam

GARUT, - Memasuki musim kemarau sedikitnya sudah terjadi 49 kasus kebakaran pada pertengahan 2019 di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (12/06/2019).

Menurut Aji, jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun lalu yakni sebanyak 60 kasus pada periode yang sama.

Dikatakan Aji, Khususnya di daerah rawan kebakaran seperti di wilayah yang syarat padat penduduk hingga mengakibatkan kerugian mencapai puluhan miliar rupiah.

"Rata-rata terjadinya peristiwa kebakaran diakibatkan oleh hubungan pendek arus listrik atau korsleting, regulator gas elpiji hingga disebabkan oleh tungku api. Meski tidak sampai mengakibatkan koban jiwa, namun telah menimbulkan kerugian materi hingga puluhan miliar rupiah," katanya.

Aji menuturkan, pihaknya selalu siap siaga 24 jam dan langsung melakukan penindakan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) atau mengacu pada respon time atau ketepatan waktu dalam penindakan dengan rasio jarak tempuh 7,5 km harus bisa bertindak dalam 15 waktu 15 menit.

Selain dalam upaya penindakan, kata Aji, pihaknya juga dibantu oleh satuan sukarela kebakaran (Satlakar) dari unsur masyarakat yang telah diberikan pelatihan oleh institusinya, seingga jika terjadi kebakaran maka bisa cepat lapor dan melakukan penindakan dasar.

"Kami sudah membentuk satlakar disejumlah kecamatan yang dinilai rawan terjadi kebakaran. Disamping itu, kami juga kerap melakukan simulasi dibeberapa lembaga," ucapnya.

Aji menghimbau, apabila terjadi kebakaran di lingkungan sekitar tempat tinggal, cepat hubungi Disdamkar Garut dengan Nomor TLP (0262) 232113, agar kebakaran cepat dipadamkan dan tidak meluas ke tempat lain. Dan perlu diingat kepada warga masyarakat jangan menyalahgunakan nomer tersebut untuk berbuat iseng mengelabuhi petugas kami karena ini nomer TLP darurat, pungkasnya.(spn/hm)

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4