background img
bank bjb
Helikopter yang dioperasikan oleh PT Carpediem Air jatuh di Lombok

Helikopter yang dioperasikan oleh PT Carpediem Air jatuh di Lombok

Lombok, - Helikopter yang dioperasikan oleh PT Carpediem Air jatuh di Desa Kawo, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (14/7/2019) sore. Helikopter jatuh tepat di luar pagar Bandara Internasional Lombok di area pendekatan (final) runway 31.

Pilot dan tiga penumpang yang semuanya warga negara asing selamat. Pilot Kustiyadi selamat tanpa cedera dan dibawa ke EOC gedung terminal Lombok Internasional Airport. Satu penumpang bernama Luka Marie asal Jerman mengalami luka berat dan patah kaki.

Dua penumpang lainnya yakni Nicholas Alexander (Inggris) serta Donoso Lillo (Cile) mengalami luka ringan. Ketiga penumpang tersebut kini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Praya, Lombok Tengah.

Diperoleh informasi bahwa mesin helikopter dengan nomor registrasi PK-CDV ini mati di ketinggian 500 meter.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub) memantau insiden jatuhnya helikopter ini. Helikopter jatuh tepat di luar pagar Bandara Internasional Lombok di area pendekatan (final) runway 31.

Helikopter dengan rute penerbangan Labuan Bajo - Lombokini terakhir kali melakukan kontak tower saat mengarah ke runway 31, pada pukul 14.02 Wita dan diberikan izin mendarat oleh ATC yang bertugas. Sesaat kemudian pada pukul 14.03 Wita pesawat tersebut jatuh.

"Kami terus memantau situasi atas insiden jatuh helikopter ini, semua pihak berkoordinasi dalam proses evakuasi," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Polana B Pramesti dalam keterangannya, Minggu (14/7/2019).

Helikopter dengan tipe B206L4 Registrasi PKCDV, membawa tiga penumpang warga negara asing (WNA) yakni Luka Marie (Jerman), Nicholas Alexander (Inggris), serta Donoso Lillo (Cile).

Polana menambahkan, respons cepat dilakukan oleh Air Rescue Fire Fighting (ARFF) yang tiba di lokasi kecelakaan pada pukul 14.30 Wita. Tim ARFF terdiri dari utility dan ambulans dengan personel 10 orang.

Kapolres Loteng, Danramil Pujut, anggota Basarnas beserta tim dari Angkasa Pura I Lombok International Airport tiba di lokasi di lanjutkan dengan investigasi di lapangan.

Selanjutnya, pada pukul 15.03 WIT, 3 penumpang yang mengalami luka dibawa ke RSUD Praya

"Saya mengimbau kepada seluruh penyedia layanan jasa transportasi udara untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan penerbangan, sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang berisiko," imbau Polana.

Ditempat terpisah Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Elfi Amir mengatakan untuk membantu proses evakuasi dan pengamanan tempat kejadian kecelakaan helikopter tersebut Inspektur Penerbangan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV sudah terjun ke lapangan.

Mereka berkoordinasi dengan kepolisian setempat dan General Manager AP I Bandara Lombok Praya. Tidak ada dampak signifikan kecelakaan helikopter ini terhadap operasi penerbangan di Bandara Internasional Lombok Praya, yang sampai saat ini termonitor normal seperti biasanya.

Sumber: Suara Pembaruan

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS