background img
bank bjb
Oded Menjadi Khatib Salat Jumat di Masjid Dazarratul Ulum BATAN

Oded Menjadi Khatib Salat Jumat di Masjid Dazarratul Ulum BATAN

BANDUNG, -- Di antara sebagian nikmat yang Allah SWT berikan kepada umat muslim, yaitu nikmat iman dan Islam. Sudah seharusnya umat muslim bersyukur karena tidak semua manusia bisa mendapatkannya.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Dazarratul Ulum Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (25/10/2019).

Mang Oded, sapaan akrabnya mencontohkan, sejarah mencatat paman seorang nabi, Abu Thalib hingga akhir hayatnya tidak sempat mengucapkan kalimat syahadat.

"Bujukan, bisikan dari Rasulullah untuk mengucapkan kalimat syahadat kepada pamannya saat sakaratul maut pada akhirnya tidak terucapkan. Itulah sebabnya kita patut bersyukur masih diberi nikmat iman dan islam," katanya.

Oleh karenanya, umat muslim harus bisa memanfaatkan keimanan dan keislamannya  agar tidak lepas. Salah satu caranya dengan memahaminya terlebih dulu.

"Mari kita berupaya memahami dulu apa itu Islam sebagai pemberian nikmat Allah SWT. Itu  agar kita mampu mempertahankan dan memeliharanya serta bermanfaat terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar," ucapnya.

Selain itu, Oded juga mengungkapkan, dalam Hadis Riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, Islam itu dianalogikan sebagai rumah yang indah, kokoh, dan berkualitas.

"Sebuah rumah dengan konstruksi material berkualitas dari sisi arsitekturnya yang dibangun dengan indah bisa membuat orang-orang takjub. Ini sebagai gambaran sebuah keindahan yang harus kita jaga," ucap Oded.

Mang Oded berpesan dengan gambaran islam yang indah tersebut, jika ada yang mengidentikan dengan kekerasan atau teroris itu adalah kesalahan.

"Kita sebagai pemilik rumah itu, harus berupaya menstabilkan dengan material berkualitas, dalam hal ini ketakwaan seperti membangun dengan material yang berkualitas," ajaknya.

Berita Lainnya
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4