background img
bank bjb
Dishut Jabar Tanam 2000 Pohon di Pasirjambu Ciwidey

Penanaman pohon Dishut Jabar di Desa Cikoneng, Pasir Jambu, Ciwidey (SPN/Asep Ruslan)

Dishut Jabar Tanam 2000 Pohon di Pasirjambu Ciwidey

CIWIDEY - Dalam melakukan penghijauan disekitar hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum terkait upaya penghijauan di lahan kritis, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat kali ini melibatkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) didampingi Guru dan Ketua PGRI Kecamatan Pasir Jambu. Kegiatan ini diprakarsai oleh Penyuluh Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah V bekerjasama dengan Camat Pasir Jambu dan Kepala Desa Cikoneng.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Epi Kustiawan didampingi Kabid P-DAS Dedi Hendrawan, Kabid BUPM Susi Tresnawati, KCDK Wilayah V Wiwin Winarsih, Penyuluh CDK V Dirman, memberikan bantuan Bibit sebanyak 2000 pohon jenis Tanaman kayu Keras berupa Suren, Manglid, Gmelina dan Acasia.

Turut hadir pada kegiatan penanaman pohon tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Asep Kusumah, Camat Pasir Jambu, Rahmat, Kepala Desa Cikoneng Ihsan Nurzaman, Ketua IPKINDO, Babinsa, Muspika Kecamatan Pasir Jambu dan Penggerak Lingkungan serta siswa SD dan SMP.

Dalam sambutannya, Kadishut Jabar mengatakan.

“Tanaman ini akan banyak memberikan kontribusi terhadap kehidupan, apalagi lokasi ini dari Hulu DAS Citarum yang akan mengalir ke sungai Citarum sampai ke Bekasi. Provinsi Jawa Barat mempunyai 3 Waduk yaitu Jatiluhur, Saguling dan Cirata, dimana waduk tersebut menghasilkan produksi listrik dan salah satu sumber airnya dari Citarum. Bpk. Jokowi dan Bpk Anis Baswedan pun minum airnya dari serapan disini. Sehingga sangat apresiasi dengan diselenggarakannya penghijauan disini,” ujar Epi Kustiawan.

Epi Kustiawan didampingi Kabid BUPM dan Para Penyuluh CDK V (SPN/Asep Ruslan)

Menurut Epi tidak semua air hujan menjadi air tanah, tetapi air yang jatuh akan menjadi air tanah ketika ada penopangnya, yaitu tanaman-tanaman keras yang akarnya kuat sehingga bisa dikatakan air serapan, yang jatuh ke tanah setelah melalui akar-akar tanaman tersebut.

Penanaman penghijauan di Hulu DAS Citarum ini tepatnya dilaksanakan di Dusun Bolenang desa Cikoneng Kecamatan Pasir Jambu , Ciwidey, Kabupaten Bandung adalah tanah carik seluas 43 Ha yang dikelola oleh Desa Cikoneng, Senin (20/1/2020).

Penghijauan tersebut dilaksanakan dalam rangka pemulihan Hulu DAS Citarum dan penanggulangan bencana alam banjir dan longsor dengan sistem tumpangsari, karena dilahan tersebut sudah ada tanaman sayuran masyarakat seperti : bawang daun, labu siam/lejet dan Kopi. Dengan demikian maka akan terwujud masyarakat sejahtera, hutan lestari sehingga Jabar Juara.

Pada kesempatan tersebut Camat Pasirjambu, Rachmat, mencanangkan gerakan penanaman pohon bersama setiap hari Jumat.

“Hari ini saya mencanangkan Gerakan penanaman pohon bersama setiap hari Jumat yang diselenggarakan serentak di 10 desa se Kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung,”

Epi Kustiawan bersama Ihsan Nurzaman saat melakukan penanaman pohon (SPN/Asep Ruslan)

Epi sangat mengapresiasi kepedulian Camat Pasir Jambu yang telah mencanangkan Gerakan Penanaman pohon bersama warga, mengatakan.

“Sebagai bentuk apresiasi, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat akan membuatkan kebun bibit rakyat untuk menunjang kegiatan Camat Pasir Jambu dan akan memberikan 10 stup perlebahan madu tambahan usaha warga. Dikarenakan wilayah Pasir Jambu ini banyak bunga Caliandra dan bunga labu yang merupakan pakan lebah madu. Sesuai dengan misi Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat “Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera”, ungkap Kadishut Jabar. (Lelysa)

Berita Lainnya
HSN KOTA TEGAL iklan umroh radio  thomson PDAM Kota Bdg
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor