background img
bank bjb
Polisi Ungkap 3 Kelompok Pelaku Curanmor, Mengamankan 11 Pelaku, Dalam Dua Minggu

Polisi Ungkap 3 Kelompok Pelaku Curanmor, Mengamankan 11 Pelaku, Dalam Dua Minggu

Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus dalam rilisnya mengatakan, Subdit 6 Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap 3 kelompok dengan 11 tersangka

pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berhasil diamankan dalam kurun waktu kurang dari dua minggu.

"Kelompok ini menjual ke Lampung menggunakan tangan kedua lagi, cara menjualnya menggunakan media sosial, Facebook. Upaya itu untuk mengkaburkan diri mereka," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

Kelompok pertama YY adalah kelompok Johar Baru yang hampir setiap bekerja mereka menyasar para korban disekitar daerah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Berhasil mengamankan 5 tersangka dengan perannya masing-masing termasuk penadah.

Tersangka YS alias J sebagai pemetik, mengambil langsung kendaraan. Tersangka SP perannya mengawasi TKP. Tersangka AA alis S perannya sebagai Joki untuk antar jemput. Tersangka Y alias I perannya sebagai Joki. Sedangkan DR alias D sebagai Penadah.

Barang bukti yang berhasil diamankan 5 unit kendaraan bermotor roda dua, kunci T, dan HP.

Modus yang dilakukan adalah tersangka dengan berjalan kaki masuk ke daerah Johar Baru Jakarta Pusat dan juga Jakarta Timur mengawasi rumah-rumah yang menjadi sasaran didaerah tersebut dengan mencongkel gembok pagar rumah kemudian masuk dan merusak kunci ranmor menggunakan kunci T. Selanjutnya memberikan informasi nanti akan datang pemetik dan membawa ranmor tersebut.

Dengan tindakan tegas dan terukur berhasil melumpuhkan tersangka dengan menembakkan kakinya karena mencoba melawan saat penangkapan dilakukan.

Kasus ini masih Polisi kembangkan terus apakah masih ada barang bukti lain dan sudah berapa lama dilakukan serta barang curian dilempar kemana saja.

Para tersangka menjual ranmor curian seharga 800 ribu hingga 3 juta kepada penadah perunitnya. Dengan pembagian untuk pemetiknya sebedar 700 ribu sampai 1 juta, tersangka lainnya sebesar 100-200 ribu.

Kasubdit 6 Diskrimum Polda Metro Jaya, Azhari Kurniawan menambahkan keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya, kelompok YY ini adalah kelompok Johar Baru selama kurun waktu tiga bulan ini sudah melakukan kejatan curanmor sebanyak 25 kali.

Kelompok Kedua adalah kelompok M atau kelompok Lampung dengan kejadian hari Sabtu lalu Polisi berhasil mengungkap dengan 3 pelaku dimana 2 pelaku sebagai pemetik berinisial M dan MH sedangkan BS alias P sebagai Penadah.

Modusnya adalah tersangka mengambil ranmor didalam rumah pada saat sepi penghuni dan tengah malam dengan merusak gembok rumah lalu masuk ke halaman rumah lalu mengambil ranmor dengan menggunakan kunci T.

Pelaku berhasil diamankan dan dilakukan pengembangan Subdit 6 Polda Metro Jaya ada beberapa pelaku yang menjadi DPO inisialnya B dan E masih dilakukan pengejaran termasuk barang bukti yang masih disembunyikan para tersangka.

Hasil curanmor tersebut dilempar ke Karawang oleh Kelompok M alias kelompok Lampung.

Berikutnya kelompok ketiga adalah kelompok Lampung 2 dengan 3 pelaku yang diamankan yaitu inisial AR dan AS sebagai Pemetik, selanjut inisial J sebagai pengawas

Kelompok Lampung 2 operandinya di Tangerang dengan barang curian tersebut dilempar ke Lampung.

Operandinya tersangka dengan cara menakut-nakuti dengan menggunakan senjata api yang ternyata replika setelah dilakukan pemeriksaan tersangka.

Kelompok ini melempar hasil curiannya ke Lampung dengan menggunakan perantara dan menjualnyapun menggunakan medsos. Hal ini merupakan upaya tersangka mengkaburkan diri mereka.

Penegasan Subdit 6 diskrimum Polda Metro Jaya dalam kurun waktu kurang dari dua minggu berhasil mengungkap 3 kelompok pelaku curanmor dengan mengamankan11 pelaku teridiri dari pemetik, joki, penadah, 9 tersangka dilakukan tindakan tegas terukur karena berusaha melarikan diri saat pengembangan dan penangkapan.

Atas perbuatanya 4 pelaku di jerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, Sedangkan untuk Penadah di kenakan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Polda Metro Jaya telah menyampaikan dan mengumumkan di media sosial perihal curanmor yang diamankan. Bagi warga yang kehilangan kendaraan bermotornya silahkan datang ke Polda Metro Jaya dan mengambil kendaraannya dengan membawa bukti kepemilikan langsung yang sah dan ini Gratis.

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor