background img
bank bjb
RSUD Kardinah Tangani Dugaan Pasien VC, Ini Tanggapan Pihak Rumah Sakit

RSUD Kardinah Tangani Dugaan Pasien VC, Ini Tanggapan Pihak Rumah Sakit

TEGAL – Beredarnya foto yang tersebar luas di media sosial perihal adanya pasien RS Kardinah yang diduga terkena Virus Corona (VC) kemarin, Pihak RSUD Kardinah bersama Pemerintah Kota Tegal dengan sigap mengadakan press conference memberikan klarifikasi resmi mengundang awak media diruang pertemuan lantai satu RSUD Kardinah Kota Tegal, Selasa (4/2).
 
Plt Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal dr.Hery Susanto, Sp.A mengatakan, pihaknya mengaku memang sedang menangani pasien Berinisial W  warga Kota Tegal. Dimana pasien saat ini sedang menjalani perawatan pengawasan diruang isolasi ICU RSUD Kardinah. Sample dahak tenggorokan sudah dikirim ke kementerian kesehatan di Jakarta.
 
" jadi kita masih menunggu hasilnya 3-5 hari. Saat ini kondisi pasien sudah membaik. Status nya diturunkan menjadi pengawasan." kata dia.
 
Dr.Renny Arimartani dokter ahli paru paru menambahkan bahwa pasien ini mengeluhkan batuk dan demam. Sekarang pasien masih dalam pengawasan tim dokter RSUD Kardinah. Fasilitas medispun disiagakan. 
 
Dikatakannya, bahwa memang benar si pasien dalam satu bulan lalu ada kontak langsung dengan temannya di jakarta yang baru pulang dari china. Akan tetapi tidak bisa dipastikan si pasien ini positive terjangkit virus corona, perlu tahapan pemeriksaan yang harus dilakukan.
 
Dari hasil pemeriksaan menyebut, paru paru penumonial, foto thorax masih normal, laboratorium ringan dan diagnosa penumonial masih ringan. Status suspect korona sekarang turun menjadi status tahapan pengawasan. Jika statusnya terus mambaik dan negative terjangkit virus corona maka pasien ini akan dipindahkan ke ruang perawatan biasa.
 
dr. Renny menambahkan, pasien yang ada sebenarnya terkait pasien Suspect virus corona, ada yang perlu diperhatikan yakni adanya empat kriteria pasien.
 
Diantara kriteria tersebut, 1. Pasien dalam pemantauan (tata aksana adalah rawat jalan dengan di observasi oleh Fasilitas kesehatan terdekat). 2. Pasien dalam Pengawasan (sudah harus masuk ke RS .3 Pasien dengan Suspect virus corona, 4. Pasien yang sudah positif terinfeksi Corona Virus.
 
" saat ini status pasien turun menjadi tahap pengawasan. Dan kitapun terus memantau perkembangannya," kata dr.Renny.
 
Dalam kajiannya terkait pasien tersebut, menjelaskan pasien selama 14 hari lalu tidak pernah melakukan perjalanan ke negara Cina, tidak ada kontak dengan penderita terinveksi Coronavirus, serta pasien tidak ada riwayat memakan hewan yang terinveksi virus dan tidak dalam suspect corona, hanya pasien tersebut satu bulan lalu melakukan kontak dengan rekan di jakarta yang baru pulang dari china.
 
Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi meminta kepada masyarakat kota tegal untuk tetap tenang dan kondusif. Pihaknyapun meminta agar jangan mudah percaya atas informasi yang beredar di media sosial yang belum tentu kebenarannya.
 
Kepada pihak RSUD Kardinah, dirinya menyampaikan apresiasinya atas upaya kesiap siagaannya dalam penanganan kasus ini. Seperti yang disampaikan Pak Gubernur bahwa setiap rumah sakit harus siap melayani dan mengantisipasi terburuk jika ada pasien yang terjangkit virus corona.(hid/spn).

 

Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor