background img
bank bjb
Ada Apa Tambak Udang Tirus Dengan PT IKK?

Sunkim: Sampai Saat Ini Belum Ada Kejelasan Dari PT. IKK.

Ada Apa Tambak Udang Tirus Dengan PT IKK?

RIAU SILIP, Sinarpaginews.com -- Dua tahun berjalan diduga tidak mengantongi Izin, Kegiatan usaha Pertenakkan Tambak undang milik Kelompok Budidaya Perikanan ( POKDAKAN )Tirus Cemerlang yang berlokasi di Dusun Tirus Desa Riau kecamatan Riau Silip kabupaten Bangka Dipertanyakan.
 
Usaha tambak udang yang berjumlah 12 kolam dan lahan seluas 4 hektar tersebut diduga hingga saat ini belum kantongi izin Rencana Kerja Usaha (RKU) dari Dinas kehutanan untuk Penggunaan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan.
 
Kepala UPTD KPHP Bubus Panca  (Unit III) Dinas kehutanan Bangka Belitung Riswanda ,S.Pd mengatakan adanya usaha tambak udang di Dusun Tirus itu, sudah dilakukan peninjauan dan peringatan agar aktifitas itu dihentikan sebelum melengkapi perizinan.
 
"Selama disini (tugas-red) kita sudah dua kali melakukan peninjauan dan peringatan kepada mereka untuk melengkapi perizinannya, mereka mengatakan sudah dalam proses, tetapi hingga saat ini izin tersebut belum juga diselesaikan,"kata Riswanda.
 
Menurut mantan Sekcam Riau Silip ini, Karena lahan itu masuk dalam hutan konsesi HTI PT. Istana Kawi Kencana (PT. IKK), kami panggil pihak perwakilan  yang ada disini (Bangka- red), untuk membantu menyelesaikan perizinan tambak udang tirus cemerlang tersebut karena mereka termasuk mitra mereka dan kalau kami disini sebagai pengawas untuk mengingatkan.
 
Surat peringatan sudah kita sampaikan, untuk menghentikan kegiatan tambak udang Pokdakan Tirus Cemerlang sampai perizinannya selesai, dan jika selesai baru bisa dilanjutkan,"ucapnya.
 
Untuk permasalahan ini sudah kami limpahkan ke provinsi, dan klo memang pihak pengelola belum juga mengurus izinnya ya kita naikan permasalahan ini," tambah Riswanda.
 
"Kita sudah memberikan toleransi adanya tambak udang tersebut, karena itu untuk kepentingan masyarakat, dan loksi itu dulunya emang eks tambang tetapi salah satu syarat untuk usaha yaitu perizianan, ya harus diurus," Imbuh Riswanda.
 
Perwakilan PT. Istana Kawi Kencana (IKK) di Belinyu Fahmi kepada Sinarpaginews.com, Sabtu (22/2/2020) mengatakan sebaiknya bersurat saja ke kantor pusat untuk meminta keterangan.
 
"Maaf pak, baiknya bapak bersurat ke pimpinan kami saja utk meminta keterangan, krn saya hanya tugas di lapangan pak," Kata Fahmi.
 
Sementara penanggung jawab sekaligus pembina Pokdakan Tirus Cemerlang Sunkim mengatakan sampai saat ini pihaknya belum pernah menerima surat peringatakan dari dinas kehutanan melalui UPTD KPHP Bubus Panca  (Unit III) Dinas kehutanan Bangka Belitung.
 
Sebelumnya Pokdakan Tirus Cemerlang diakui sunkim sudah mengantongi izin dari Dinas kelautan dan perikanan kabupaten Bangka dengan surat pendaftaran bernomor 523/0011/KP 2016.
 
Ditanya terkait izin Rencana Kerja Usaha dari Dinas kehutanan karena masuk dalam konsesi HTI PT. IKK sunkim mengakui sampai saat ini masih belum ada kejelasan dari PT. IkK izinnya kemana.
 
Masalahnya  itu, kita taunya dinas kelautan, memang yang mengelola nya perkelompok," kilah Sunkim
 
"kita disini (lokasi tambak-red) tidak pernah mengakui kalau itu wilayah PT. IkK, selama mereka menunjuk batas - batas dan izin mereka di Hutan Konsesi HTI," Tegas Ketua HSNI kecamatan Riau Silip ini.
 
Sudah kita jelaskan ke pihak PT. IKK, sampai mereka minta kerjasama, ya tunjukin kerjasama yang seperti apa," jelas Sunkim
 
memang kita sudah mengembangkan ini untuk percontohan bagi masyarakat kita disini, tujuannya Kita disini menciptakan lapangan kerja," imbuhnya.
 
Ditanya berapa persen keuntungan untuk kelompok sunkim mengakui bahwa kelompok budidaya perikanan tirus cemerlang mendapat 5 % dari keuntungan.
 
Memang kelompok yang mengelola, untuk kelompok sendiri mendapat 5 %, ya itu memang kesepakatan, dan sudah berjalan selama 2 tahun," tambahan sunkim.
 
Kita maunya di wilayah ini ada perkembangan, jangan di persulit. Untuk mengembangkan budidaya dan menambah lapangan kerja kita disini . 
 
Kalau kita tidak begitu siapa lagi yang mau mengembangkan daerah kita," Harapnya. (Ode).
Berita Lainnya
radio  thomson bank bjb bawah iklan umroh astra motor