background img
fULL BENNER 1
Warga Antisifasi Banjir Dusun Lakbok Bunter Akibat Luapan Cimande

Jembatan Jalan Nasional Bandung-Garut aliran Sungai Cimande, Dusun Lakbok Bunter, Cimanggung, Sumedang. Minggu (31/5/2020).

Minta Pemerintah Turun Tangan.

Warga Antisifasi Banjir Dusun Lakbok Bunter Akibat Luapan Cimande

CIMANGGUNG - Warga didua Desa melakukan kerja bakti normalisasi aliran Sungai Cimande dan pemerataan Jalan yang kerap dipakai menuju pemakaman yang dimanfaatkan oleh warga didua Desa itu.
 
Normalisasi aliran Sungai Cimande itu, guna antisifasi banjir yang kerap melanda sebagian pemukiman di Desa Cihanjuang dan Desa Sukadana, tepatnya di sekitar Dusun Lakbok Bunter, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.
 
 
 
Kerja Bakti itu dilakukan masyarakat dengan antusias dan berbondong-bondong, walaupun berbekal alat seadanya tidak menyurutkan semangat warga sekitar progres saat melakukan kegiatan itu.
 
Hal itu diungkapkan salah satu warga sekitar, Deri Sanjaya (28), disela-sela sedang melakukan kerja bakti bersama masyarakat lainnya.
 
"Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Desa Sukadana, intinya dengan kegiatan ini saya berharaf bisa mengantisifasi kemungkinan banjir dimusim penghujan," singkat Deri saat ditanyai m.sinarpaginews.com, minggu (31/5/2020), dilokasi kerja bakti.
 
Ditempat yang sama, Kepala Desa Sukadana, Dadang Supriatna mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan seluruh unsur masyarakat setempat beserta para tokoh yang berdekatan dengan sekitar bantaran sungai Cimande.
 
Selain itu Dadang menjelaskan, salah satu penyebab terjadinya banjir ke wilayah tersebut, menurutnya aliran sungai Cimande dan jembatan yang menjadi perlintasan Jalan Nasional Bandung-Garut kondisinya hampir sejajar.
 
Maka dari itu, masih menurut Dadang, sebelum ada solusi dari Pemerintah, masyarakat perlu melakukan kerja bakti agar air tidak tersendat akibat sampah yang kerap mengakibatkan meluapnya air ke pemukiman warga.
 
"Kami berharap pihak pemerintah dalam hal ini pemkab sumedang dengan BBWS citarum bisa segera menyelesaikan permasalahan banjir ini yang setiap musim hujan selalu datang", tutup Dadang.
Berita Lainnya
bawah 32 bawah 33 bawah 34 Square samping 3