background img
bank bjb 1
Bupati Tinjau Ratusan Rumah Warga Terdampak Banjir Rob Di Dua Desa

Bupati Tinjau Ratusan Rumah Warga Terdampak Banjir Rob Di Dua Desa

BREBES - Banjir merendam permukiman penduduk di dua Desa, yakni Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan. Bupati Brebes dan jajaran Forkopimda serta Kepala Dinas terkait turun langsung kelapangan guna mengecek kondisi dan memberikan bantuan langsung berupa paket sembako di aula Balai Desa Randusanga Kulon, Brebes. Rabu (3/6).

Banjir Rob yang kerap terjadi setiap Mei-Juni melanda pesisir Kabupaten Brebes. Rob melanda terbentang dari Kecamatan Losari hingga Kecamatan Brebes. Fenomena tahunan tersebut membuat permukiman warga digenangi air laut termasuk Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan. Air rob naik melalui sungai Sigeleng mengenangi jalan sampai masuk ke permukiman rumah warga.

Dalam tinjauannya, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH didampingi suami Dr H Warsidin dan jajaran forkopimda serta para Kepala Dinas terkait, langsung turun menyambangi warga yang masih tengah menyelamatkan barang barang berharga, agar tidak terendam Rob.

Terlihat, puluhan warga terpaksa mengungsi dan tidur beralaskan tikar dan terpal di atas pondasi bangunan milik warga yang tergolong tinggi.

Idza menyarankan agar warga mau dipindahkan ketempat yang lebih layak dan jangan ditempat terbuka, dikhawatirkan turun hujan dan banyak anak-anak kecil yang kedinginan.

Bupati langsung memerintahkan BPBD untuk mengambil tenda dan memasangnya.

"Ndak apa-apa Ibu Bupati, lebih nyaman disini dan bisa memantau rumah juga, jika nanti air sudah surut kamipun bisa langsung beberes rumah," ungkap Karyono (47) warga Randusanga Kulon.

Sebelumnya, Bupati Idza dan Forkopimda menyerahkan bantuan logistik dan paket sembako untuk warga Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan yang terdampak rob.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, turut prihatin akibat adanya banjir rob ini. Semoga rob ini segera surut.

"Rob ini tidak bisa kita hindari, namun pemerintah selalu mengambil langkah penyelesaian agar rob tidak lagi sampai ke permukiman warga," ucapnya.

"Kita akan koordinasikan dengan dinas terkait tentang penanganan masalah rob ini. Mereka yang terdampak paling parah adalah yang rumahnya berada di lepe-lepe sungai Sigeleng. Dan ke depan akan kita pindahkan ke rusunawa," jelas Idza.

Lanjut Idza, pembangunan penahan rob atau tanggul juga akan dibangun oleh Pemerintah Pusat. Sesuai Perda Nomor 13 mengenai Kawasan Industri Brebes (KIB) dan dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB). Pembangunan tanggul rob, sesuai yang tertulis pada Peraturan Presiden Nomor 79 tahun 2019.

Kata Idza, setiap tahunnya bahkan hampir tiga bulan wilayah pesisir Brebes terkena rob.

Idza menuturkan, telah disiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar guna pembangunan penahan rob oleh Pemerintah Pusat sepanjang pantai di lima Kecamatan yakni Losari, Tanjung, Bulakamba, Wanasari dan Brebes.

"Karena itu, mari kita dorong bersama program pemerintah. Selanjutnya kita berdoa agar rob ini tidak berkepanjangan, apalagi di tengah wabah corona," ungkapnya.

Menurut Kepala Desa Randusanga Kulon Afan Setiono, hujan yang turun beberapa hari belakangan ini semakin memperparah banjir rob. Pasalnya, air yang seharusnya masuk ke saluran tertahan oleh air hujan.

“Mei sampai Juni ini memang puncak-punckanya rob. Tapi memang tiga hari terakhir ini robnya cukup besar. Tidak hanya merendam pertambakan, tapi juga ada yang masuk ke permukiman,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Arfi warga Desa Randusanga kulon mengatakan, banjir rob yang terjadi saat ini lebih parah dibanding tahun-tahun lalu.

“Banjir rob sekarang ini sudah sampai memasuki rumah-rumah warga. Ini paling parah sejak terakhir kali rob besar tahun 2017 lalu,” ucap Arfi.

Turut hadir mendampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yakni suami Bupati Dr H Warsidin, Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto SIK MHP, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf. Faisal Amri SE, Asisten I Sekda Drs Apriyanto Sudarmoko MSi, Asisten III Yuta Sugihyarti SH, Kepala BPBD Nursy Mansur, Camat Brebes Eko Purwanto, Kapolsek Brebes AKP Harti, Kepala Desa Randusanga Kulon Afan Setiono serta beberapa Kepala Dinas dan kepala Bagian terkait.(hid/sup).

Berita Lainnya
Iklan brebes pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4
Covid Internasiona;