background img
bank bjb 1
Himbauan Forum Ormas Jabar Terkait Peningkatan Positif Covid-19

Koordinator Forum Omas Jabar, Hendra Mulyana, SH (Foto: Asep Ruslan)

Himbauan Forum Ormas Jabar Terkait Peningkatan Positif Covid-19

KOTA BANDUNG - Kasus penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Barat mengalami peningkatan secara signifikan, secara kuantitas, ada lonjakan jumlah yang positif terinveksi virus corona di Jabar per 9 Juli 2020 sebanyak 962 orang.

Menyikapi kejadian tersebut, Forum Omas, LSM dan Komunitas (Formas) Provinsi Jawa Barat sangat prihatin.

“Munculnya cluster baru di zona pendidikan yang berbasis asrama seperti di Sekolah Pembentukan Perwira Kepolisian Rl (Setukpa) Sukabumi tercatat ada 300 siswa Setukpa yang positif COVID-19, menjadi keprihatinan bersama,” kata Koordinator Formas Jabar, Hendra Mulyana, SH atau Kang Hendra memulai pembincangannya dengan Sinarpaginews di Kantor Formas Jabar Jalan Sumedang No.4 Bandung, Jumat (10/7/2020).

Temuan Formas Jabar, kasus positif Covid-19 juga ditemukan di sejumlah sekolah atau pusat pendidikan berbasis asrama di sejumlah wilayah Jabar.

“Daerah Jawa barat sebagai salah satu provinsi pusat pendidikan di Indonesia, banyak memiliki sekolah/pusat pendidikan berbasis asrama diantaranya: Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (SECAPAAD), Pusat Pendidikan Ajudan Jenderal (Pusdikajen) Kodiklat TNI AD, lnstitut Pemerintahan Dalam Negeri (lPDN) dan Pusdik TNl-POLRl yang siswanya datang dari berbagai daerah, sehingga perlu penanganan yang cukup serius serta koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) dengan institusi TNI-POLRI. Mengingat zona pendidikan tersebut sangat strategis dalam mencetak kader-kader pemimpin masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” penjelasan Kang Hendra.

Untuk itu Forum Ormas Jabar menghimbau kepada Pemprov Jabar, institusi TNl dan Polri agar segera melakukan tindakan secepat mungkin untuk mengantisipasi penyebaran di sekolah/Pusdik lainnya, dengan cara melakukan koordinasi dan monitoring bersama dalam rangka melakukan rapid test di tiap pusat pendidikan yang ada di semua wilayah Jawa Barat.

“Forum Ormas Jabar mendukung setiap langkah Pemprov Jabar dalam rangka mensukseskan Pelaksanaan Penanganan Pandemi virus Corona atau Covid-19 di Jawa Barat. Siap aktif melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran hingga melakukan bhakti sosial dengan melakukan pembagian/distribusi sembako dan pemberian nasi bungkus kepada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 yang bersinergi dengan Gerakan Gasibu yang dicanangkan oleh Gubemur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil,” ungkap Koordinator Formas Jabar.

“Forum Ormas Jabar siap bekerjasama dengan Pemprov Jabar dan institusi TNl-POLRl dalam mengerahkan SDM/Relawan dari Omas, LSM dan Komunitas, untuk membantu percepatan penanganan kedaruratan penanganan pandemi Covid-19 di Jawa Barat. Jabar Berkarya, NKRI Jaya,” pungkasnya.

Berita Lainnya
Iklan brebes pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4