background img
bank bjb 1
Sang Maestro Sastrawan Jawa Barat Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Minggu (16/4/2017), saat Ajip Rosidi menikahi aktris Nani Wijaya di Masjid Agung Keraton Kasepuhan Cirebon (Foto: Istimewa)

Sang Maestro Sastrawan Jawa Barat Ajip Rosidi Meninggal Dunia

MAGELANG - Berita duka kembali datang dari dunia sastra Tanah Air setelah berpulangnya sastrawan dan budayawan besar Ajip Rosidi (82), yang lahir di Jatiwangi, Cirebon pada 31 Januari 1938 meninggal dunia di Rumah Sakit Tidar, Magelang.

Sebelumnya, Ajip Rosidi dirawat di RSUD Tidar Magelang karena sakit akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kabupaten Magelang.

Kabar tersebut diunggah oleh Asep Ruslan, Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), Pegiat sosial, budaya, dakwah dan pendidikan di Jawa Barat melalui akun Instagram pribadinya @kangasepruslan.

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kabar duka bagi warga Jawa Barat, salah seorang budayawan dan sastrawan besar sastra Sunda Kang Ajip Rosidi meninggal dunia pukul 22.30 WIB di RS Tidar Magelang, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2020),” kata Asep Ruslan dalam unggahannya.

Foto unggahan Ajip Rosidi di IG @kangasepruslan (Foto: Istimewa)

“Selaku pegiat budaya dan pendidikan di Jawa Barat, merasa sangat kehilangan. Selamat jalan Kang Ajip Rosidi, karya dan jasa Akang akan tetap hidup menjadi warisan yang sangat berharga,” ujarnya.

“Semoga Akang Husnul Khatimah, semua amalan dan pengabdian Akang menjadi ladang pahala yang membuka jalan menuju surga-Nya Allah Swt. Aamiin Yaa Robbal Aalaamiin,” pungkas Asep Ruslan, Ketua YARLA.

Asep Ruslan, Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin (Foto: Istimewa)

Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), adalah lembaga yang bergerak di bidang sosial, budaya, pendidikan dan keagamaan yang memberikan beasiswa, menyediakan asrama dan biaya hidup gratis bagi anak-anak Yatim/Dhuafa yang orangtuanya terkena dampak Pandemi COVID-19 (syarat dan ketentuan berlaku), untuk bisa sekolah di SMP Nagrak, SMK Nagrak dan Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin (Pesantren Nagrak) di Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi meninggal dunia dalam usia 82 tahun, sekitar pukul 22.30 WIB dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah, Rabu (29/7/2020)

"Betul, saya sedang mengurus segala sesuatu ini," kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi dikutip dari Antara, Rabu (29/7/2020) malam.

Ajip Rosidi menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, karena sakit sejak sekitar seminggu terakhir, akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Nundang menyatakan belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan rencana pemakaman karena dirinya masih sibuk mengurus jenazah ayahnya itu.

Dalam keterangan Nundang sebelumnya, Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak, akibat terjatuh tersebut.

Maestro Sastrawan Jawa Barat Ajip Rosidi (Foto: Istimewa)

Ajip Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Pada tahun 2011, ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran.

Menurut penelitian Dr. Ulrich Kratz (1988), sampai dengan tahun 1983, Ajip Rosidi adalah pengarang sajak dan cerita pendek yang paling produktif (326 judul karya dimuat dalam 22 majalah).

Bukunya yang pertama, Tahun-tahun Kematian terbit ketika usianya 17 tahun (1955), diikuti oleh kumpulan sajak, kumpulan cerita pendek, roman, drama, kumpulan esai dan kritik, hasil penelitian, dll., baik dalam bahasa Indonesia maupun Sunda, yang jumlahnya sekitar seratus judul.

Berita Lainnya
HUT PDAM pa markus Iklan Mas wahid  square bawah 4