background img
bank bjb 1
Tim Survey Dinsos Purwakarta Verifikasi Yayasan Rahmat Lil Alamin

Tim Dinsos Purwakarta & Pengurus Yayasan Rahmat Lil Alamin (Foto: Asep Ruslan)

Program Penanganan PMKS

Tim Survey Dinsos Purwakarta Verifikasi Yayasan Rahmat Lil Alamin

PURWAKARTA - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Purwakarta melakukan verifikasi kelengkapan data administrasi Yayasan yang telah mengajukan Program Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dalam rangka membantu  pemerintah melaksanakan pelayanan sosial berupa Panti Asuhan Anak Yatim/Anak Terlantar dan Panti Jompo. Seperti dilakukan pihak Dinsos Kabupaten Purwakarta yang melakukan survey lokasi ke Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), di Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin Jalan Raya Bandung Purwakarta Rt.004 Rw.002 Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jumat (18/9/2020).

Dalam kunjungan survey tersebut, Kepala Bidang Rehdayasos Dinsos Kabupaten Purwakarta, Tedi Kustiadi, didampingi Kasi Rehdayasos Susi Susanti dan Pekerja Sosial (Peksos) Danu.

Tedi Kustiadi, Susi Susanti, Asep Mulyana (Kasek SMK Nagrak), Asep Ruslan dan Danu (Foto: Asep Ruslan)

Kepala Bidang Rehdayasos, Tedi Kustiadi mengatakan, survey memang dilakukan pihaknya apabila ada lembaga yang mengajukan pendaftaran program PMKS kepada pemerintah.

“Tim survey akan turun untuk mengecek lokasi keberadaan yayasan yang didaftarkan untuk verifikasi,” kata Kabid Rehdayasos Tedi Kustiadi, di Pondok Pesantren Rahmat Lil Alamin, Desa Nagrak, Darangdan, Purwakarta, Jumat (18/9/2020).

Survey yang dilakukan  hari ini, menurut Tedi,  merupakan tindak lanjut dari permohonan yang diajukan pihak Yayasan, terkait Surat Keterangan Terdaftar Yayasan yang diajukan pada Rabu (2/9/2020) di Dinas Sosial Kabupaten Purwakarta. 

"Selain itu, Tim Verifikasi dari Dinsos akan datang lagi dalam rangka monitoring dan evaluasi ke Yayasan Rahmat Lil Alamin sebagai langkah pembinaan dan penyelarasan program," tambahnya.

“Yayasan Rahmat Lil Alamin bergerak pada beberapa bidang diantaranya, Agama, Sosial Budaya, Ekonomi dan Pendidikan (ASEP). Kebetulan ketua Yayasannya H. Asep Ruslan adalah Ketua Umum/Presiden Paguyuban Asep Dunia (PAD), organisasi yang cukup besar di Indonesia dengan ribuan orang anggota tersebar hampir di seluruh Indonesia bahkan di dunia. Uniknya semua anggotanya memiliki nama yang sama yaitu Asep. Dan secara kebetulan pimpinan kami, Kepala Dinsos Kabupaten Purwakarta juga bernama Bapak Asep Surya Komara,” ungkap Tedi sambil tersenyum.

Diskusi Tim Dinsos Purwakarta bersama pengurus Yayasan Rahmat Lil Alamin (Foto: Asep Ruslan)

“Hasil survey, Yayasan Rahmat Lil Alamin yang memiliki lahan seluas 2 Ha dengan beberapa sarana prasarana dan legalitas yang dimiliki cukup memenuhi syarat untuk penyelenggaraan program PMKS. Yayasan ini sudah memiliki lembaga  pendidikan Formal dan Non Formal seperti SMP dan SMK NAGRAK (Akreditasi B) bagi anak-anak tidak mampu, yatim piatu dan dhuafa. Sudah terdapat bangunan asrama putra & putri, ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium komputer dan lahan pertanian/perkebunan, rumah ustadz, rumah guru dan rumah pengurus yayasan. Bahkan saat ini di lokasi pesantren terlihat progres pembangunan Masjid Marla (Masjid Rahmat Lil Alamin),” pungkas Tedi Kustiadi, Kabid Rehdayasos Dinsos Kabupaten Purwakarta.

Heri C. Utomo (Mitra Kerja Yayasan), Tedi Kustiadi, Susi Susanti, Asep Ruslan dan Asep Mulyana (Foto: Asep Ruslan)

Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin, H. Asep Ruslan, menyambut gembira atas kunjungan Tim Dinsos Kabupaten Purwakarta. Berharap lembaga yang dipimpinnya dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

“Kami berterima kasih atas kunjungan Pak Kabid dan staf dari Dinsos Kabupaten Purwakarta, dan berharap ini bukan silaturahmi yang pertama dan terakhir, tapi silaturahmi kita bisa terus berkesinambungan. Kami berharap Dinsos selalu memberikan arahan, bimbingan dan pembinaannya kepada kami, ibarat orangtua kepada anaknya,” kata Asep Ruslan.

Tedi Kustiadi, Asep Ruslan dan Susi Susanti dengan Back Ground Rest Area Tol Cipularang KM-97 (Foto: Asep Ruslan)

Lembaga yang dipimpinnya siap bekerjasama dan kolaborasi dengan pihak manapun untuk kelancaran program pemerintah kabupaten purwakarta demi kesejahteraan masyarakat.

“Yayasan Rahmat Lil Alamin (YARLA), didirikan pada Senin (16/6/2014) dengan Akte Notaris No. 02 Tanggal 13 Juni 2014 oleh Notaris Sultoni, SH, M.KN dan Menkumham No. AHU.02632-50-10-2014 Tanggal 16 Juni 2014, dan perubahan Yayasan pada Senin (29/6/2020) sesuai Akte Notaris No. 03 Tanggal 26 Juni 2020, Notaris Sultoni, SH, M.KN dan Menkumham No. AHU.0013176.AH01.12.Tahun 2020 Tanggal 29 Juni 2020. Sebagai wujud keberpihakan dan keinginan kami untuk terlibat dalam peningkatan kualitas dan peran generasi penerus bangsa, terutama di pedesaan. Kami terbuka dan siap bekerjasama dengan pihak manapun apalagi dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta seperti Dinsos. Berharap Yayasan ini dapat berkontribusi aktif dan turut membantu kelancaran program pemerintah kabupaten Purwakarta demi kesejahteraan masyarakat Purwakarta khususnya, Jawa Barat umumnya dan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI),” pungkas H. Asep Ruslan, Ketua Yayasan Rahmat Lil Alamin.

Berita Lainnya
PDAM bdg2 Ambu dedi ASEP rumah 2 ASEP rumah