background img
Leaderboard BJB 2018
Bupati Tagih Laporan Dana Desa

Bupati Tagih Laporan Dana Desa

Brebes - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyambangi tiga kecamatan Kamis (6/12). Kecamatan yang dituju adalah Salem, Banjarharjo, dan Ketanggungan.

Kunjungan bertujuan untuk bertatap muka langsung dengan para kepala desa tiap kecamatan dan mengevaluasi penggunaan Dana Desa dan pemantapan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) 2019. Dalam kunjungan tersebut ikut pula Anggota Komisi I DPRD Brebes Sukirso, Kepala Baperlitbangda Brebes DR Angkatno SH MPd, Sekretaris Dinpermades Brebes Didik Sidik PG, Sekretaris Dinperwaskim Yurisman, Sekretaris Disnakeswan dr Ismu Subroto, dan Kabag Penanggulangan Kemiskinan Brebes Ratnawati SSos.

“Dana Desa adalah bukti perhatian pemerintah pusat kepada desa. Oleh karenanya perencanaannya jangan sembarangan,” kata Angkatno.

“Badan Permusyawaratan Desa (BPD) harus bersinergi dengan Kepala Desa dalam perencanaan penggunaan APBDes,” ucapnya.

Lebih lanjut Angkatno menjelaskan bahwa pembangunan paling utama adalah pembangunan sumberdaya manusia, oleh karena itu rancangan APBDes harus meliputi pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, dan sanitasi.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menjelaskan, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaran pemerintahan.

Penyaluran Dana Desa dilakukan dengan sistem bertahap. Penyaluran bertahap memiliki tujuan supaya penggunaan anggaran dapat terpantau dengan lebih mudah dan mempercepat pembuatan laporan.

“Dana Desa harus digunakan sebaik-baiknya untuk semua bidang,” kata Idza.

Bupati Brebes di ketiga kecamatan juga menekankan bahwa penggunaan Dana Desa harus disertai dengan laporan yang jelas dan tepat waktu.

“Dana Desa sudah memasuki tahun ke lima, kendalanya bukan pada saat membangun tetapi pada saat pembuatan laporan,” ungkap Idza.

Dengan bergulirnya Dana Desa, pemerintah Desa sangat terbantu dalam hal pengembangan pembangunan. Pemerintah Desa dapat meningkatkan kesejahteraan desa dengan inovasi-inovasi pembangunan di masing-masing Desa.

Bupati Brebes menutup sambutan dengan mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada aparatur desa yang telah berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan rencana-rencana pembangunan yang sangat baik. Bupati juga berharap sinergi pemerintah kabupaten dan pemerintah desa terus terjaga.

“Bekerjalah sesuai aturan biar kita semuanya aman selamat,” tutup Idza.

Sebagai informasi Kecamatan Salem memiliki 21 Desa, Kecamatan Banjarharjo memiliki 25 Desa dan Kecamatan Ketanggungan memiliki 21 Desa dengan penerimaan dana desa rata rata hampir Rp 1 Miliar. (NL, WSD)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
beboop BANASPATI PMI brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah iklan motor Jamsostek nebeng