background img
bank bjb
Soal Posbakum,Tim Advokasi KAI Gruduk Pengadilan Agama Purwakarta

Soal Posbakum,Tim Advokasi KAI Gruduk Pengadilan Agama Purwakarta

PURWAKARTA- Kesal tidak mendapat kuota Posbakum di Pengadilan Agama ( PA) Purwakarta pengurus Kongres Advokad Indonesia ( KAI ) DPC Purwakarta datangi PA yang berlokasi di Jalan Raya Ir. H Djuanda, Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Senin, ( 21/1/2019).

Kedatangan tim advokasi yang tergabung dalam lembaga advokad Kongres Advokas Indonesia ( KAI) DPC Purwakarta tersebut tidak lain untuk pertanyakan soal kuota Posbakum. Pasalnya, penunjukan kepada lembaga Advokasi Peradi yang dilakukan pihak PA dianggap belum melalui mekanisme sesuai dengan amanat undang undang.

Ketua DPC KAI DPC Purwakarta Andy Bias, SH  yang didampingi Sekjen AA Ojat Sudrajat, SH, Bendahara Rina, SH  dan tim anggota dan pengurus diterima langsung oleh Ketua PA Purwakarta Dr. Tamah, SH. MH beseserta pihak Ketua panitia Yayan dan staf  PA lainya. Dalam kesempatan itu, Andy Bias berharap ada komunikasi yang baik antara pihak KAI dengan PA, ia meminta agar pihak PA bisa lebih mengharmonisasikan dan bersikap adil berkaitan dengan lembaga yang akan melaksanakan Posbakum di PA.

Hal tersebut juga diperkuat oleh pernyataan yang disampaikan Sekjen KAI Purwakarta, AA Ojat Sudrajat, ia sangat menyayangkan pihak PA tidak aktif mengkomunikasikan soal Posbakum, padahal pihaknya kerap melakukan komunikasikan dengan pihak PA.

Tidak seharusnya kata dia, pihak PA memisah – misahkan antara lembaga advokasi KAI dengan Peradi, dan itu sama sekali tidak ada untungnya. Karena KAI juga lembaga bantuan hukum yang memiliki dasar hukum yang sah. Bahkan kondisi seperti ini malah berpotensi menciptakan konflik, “ katanya AA Ojat yang juga kuasa hukum MR dan UH terdakwa dalam kasus dugaan korupsi SPPD fiktif DPRD Purwakarta Tahun Anggaran 2016 tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Yayan Admatja, SH. MH  membeberkan bahwa berkaitan dengan anggaran Posbakum besaranya nilai hanya Rp. 30 juta saja. Karena  nilainya dibawa Rp.100 juta maka mekanismenya dilakukan penunjukan langsung.

Ia sampaikan, jika penunjukan dilakukan dengan melibatkan dua lembaga hukum, nantinya akan bermasalah pada soal proses pencairan, sehingga sangat tidak mungkin dua lembaga sekaligus ditunjuk untuk pelaksanaan Posbakum di Pengadilan Agama Purwakarta. Sehingga setelah melalui proses seleksi  disepakati pendaftaran sampai dengan pengumuman dilakukan secara website resmi milik.  Sedangkan yang mendaftar hanya satu lembaga yaitu Peradi.

Ia mengaku, bahwa yang melalui seleksi pendaftaran hanya satu lembaga advokad yaitu Peradi. Sesuai dengan jadual, pendaftaran dibuka sejak tangal 9 – 16 Januari 2019.Kemudian dilakukan seleksi adminitrasi pada  tanggal  17 Januari 2019, lanjut ke kelulusan seleksi pada tanggal 18 Januari 2019, lalu pada tanggal 19 Januari 2019 pemanggilan peserta dan hasil seleksi diumumkan pada tanggal 23 Januari 2019.

Dari hasil seleksi disampaikan kepada Ketua PA pada tanggal 24 Januari 2019, selanjutnya tugas ketua PA mengumumkan siapa sebenarnya yang akan melaksanakan Posbakum Selanjutnya nanti, baru akan dilakukan MoU pada tanggal 30 Januari 2019, kemudian lembaga terpilih bersama dengan PA melakukan koordinasi.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama ( PA) Purwakarta Dr. Tamah, SH. MH sudah bisa menebak kedatangan tim DPC KAI Purwakarta yang datang mengunjunginya berkaitan dengan Posbakum. Ia mengakui kalau kebijakan soal lembaga advokad yang akan ditunjuk merupakan kewenangan dirinya. Namun, semua berdasarkan dengan ketentuan. Berkaitan dengan kewenangan itu, Tamah juga meminta maaf apabila ada kesalahan dan kehilafan dan meminta waktu untuk melakukan perbaikan. Pihaknya juga minta waktu untuk melakukan diskusi dan pertimbangan yang baik dan benar, setidaknya akan memberikan informasi selambat- lambatnya sebelum per 1 februari 2019.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS