background img
bank bjb
Lahan Sawit Diserobot Orang,Jaelani Lapor Ke Polda Babel

Jaelani saat di Polda Babel

Lahan Sawit Diserobot Orang,Jaelani Lapor Ke Polda Babel

Pangkalpinang,Bangka Belitung,sinarpaginews.com -- Sengketa lahan di kawasan jalan pulau pelepas Beluluk Kabupaten Bangka Tengah tidak akan pernah selesai, jika kedua belah pihak tidak dipertemukan dalam satu forum resmi. 

“Sementara dari kita pagi ini sebenarnya melaporkan ke SPK Polda Bangka Belitung, namun atas petugas disini menyarankan didaftar dulu untuk kasus perdata,” ungkap Jaelani (54 tahun) pada awak media, Kamis 07/02. 

Ia menerangkan, kasus ini bermula ketika dirinya mengetahui adanya kegiatan pengerukan saluran pada lahan miliknya. Dan terakhir diketahui olehnya, masih ada tanaman sawit dan pisang. Hingga akhirnya, Ia berinisiatif untuk menanyakan status lahan tadi pada pihak yang merangsek masuk ke lahan miliknya. 

“Katanya punya Ad, warga Pangkalpinang. Dan hanya mengambil sewa saja dari At yang melakukan pengerukan saluran disitu,” imbuh Jaelani. 

Masih menurut Jaelani, pihaknya hanya meminta pada pihak terkait lainnya agar dapat memberikan solusi komprehensif. Terkait adanya dua surat kepemilikan tanah di lahan yang sama. Hal ini menurutnya berpotensi akan timbul gesekan, jika tidak diakomodir secara serius. 

“Kita kan pernah datangi Polsek Pangkalan Baru, minta masing-masing bentangkan surat tanah. Tapi ternyata mediasi tersebut bisa dikatakan gagal. Karena kalau pihak kita dasar suratnya kan sejak tahun 1981 yang lalu, dan diperbarui di tahun 2017,” imbuhnya lagi. 

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun awak media. Di lahan milik Jaelani tadi memang beroperasi 4 buah excavator warna orange yang sedang lakukan pengerukan pada saluran air. Sementara selang-selang raksasa nampak berjuntai dari dalam kolong diarahkan keluar. 

“Iya kolong ini lagi di-pok (dibuat tembok--red) supaya alur yang sudah digali tidak melebar ke arah gedung UMKM,” kata salah satu pekerja yang ditemui di lokasi. (*)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS