background img
bank bjb
Terkait Salam Dua Jari,Ini Penjelasan Bawaslu Babel

Terkait Salam Dua Jari,Ini Penjelasan Bawaslu Babel

Pangkalpinang sinarpaginews.com -- Proses pemanggilan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, terkait salam dua jari dalam acara penanaman pohon masih berlanjut, dan siang ini diagendakan mendengarkan keterangan dari Gubernur.

Menurut keterangan Divisi Penindakan dan Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Babel Jafry saat dihubungi via seluler. Ia mengatakan bahwa pemanggilan ini hanya bersifat mengklarifikasi, bukan pada bentuk sangsi atau hukuman.

“Belum, baru sampai ke tahap klarifikasi saja. Masih pemanggilan beberapa saksi lainnya kemudian akan kita lakukan kajian yang nanti akan diputuskan dalam rapat pleno,” terang dia.

Sebagai informasi, sebelumnya di Kamis 07/02 kemarin, pihak Bawaslu Provinsi Babel sudah memanggil pihak lainnya selain Gubernur Bangka Belitung. Yakni, Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan, ASN Biro Ekonomi A. Yani.

Pihak Bawaslu Babel sendiri belum berani memutuskan, apakah peristiwa salam dua jari yang dilakukan oleh Gubernur Babel tersebut memang mengindikasikan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh pejabat daerah. 

“Ya kita lihat dan pelajari dulu seperti apa, karena baru siang ini kan beliau bersedia untuk hadir di Bawaslu,”sambungnya lagi. 

Sementara itu dikutip dari hukumonline, yang berwenang memutus Perkara Tindak Pidana Pemilu, terkait dengan tindak pidana pemilu ini, Pasal 2 huruf b Perma 1/2018 mengatur bahwa pengadilan negeri dan pengadilan tinggi berwenang memeriksa, mengadili dan memutus tindak pidana pemilu yang timbul karena laporan dugaan tindak pidana pemilu yang diteruskan oleh Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dan/atau Panwaslu Kecamatan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia paling lama 1 x 24 jam (satu kali dua puluh empat jam), sejak Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dan/atau Panwaslu Kecamatan menyatakan bahwa perbuatan atau tindakan yang diduga merupakan tindak pidana pemilu......(Lukman Hakim)

Berita Lainnya
IKLAN BREBES 4 BREBES 5 square 3 iklan madan caleg
PMI gratisa BANASPATI amanah umah brebes
Pengumuman KPU Kota Malang amanah umah COLUMBUS IKLAN SALES MOTOR