background img
bank bjb
Jelang Pencoblosan,  Idza Lantik PJ Kades Enam Kecamatan

Jelang Pencoblosan, Idza Lantik PJ Kades Enam Kecamatan

BREBES -- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH melantik penjabat (PJ) kepala desa enam kecamatan di Kabupaten Brebes. Hal demikian dikarenakan penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) yang tahapannya sudah mulai dilaksanakan pada awal Maret dan pemungutan suara akan dilaksanakan pada 16 Juni 2019.

“Pelantikan ini, merupakan upaya agar tidak terjadi kekosongan pimpinan di desa. Karena tanpa adanya PJ Kades sistem penyelenggaraan pemerintah desa tidak akan berjalan,” ucap Idza usai melantik PJ Kades di Hotel Anggraeni Bumiayu. Selasa (12/3)

Kepada PJ Kades baru, Idza berpesan untuk menjalankan amanah dengan melaksanakan kewajiban dan tugas sesuai surat keputusan bupati. Lebih dari itu, tugas seorang kepala desa adalah merespon berbagai persoalan sosial yang ada di lingkungannya.

”Untuk itu, kepada PJ Kades saya berpesan agar segera bekerja, membangun sinergitas dengan Badan Permusyawaraan Desa (BPD) supaya segera bisa menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebagai dasar pembiayaan pelaksanaan kewenangan desa,” ujar Idza.

Selanjutnya, kepada BPD Idza minta, untuk membantu dan dampingi PJ Kades baru guna kelancaran roda penyelenggaraan pemerintahan desa. Bersinergi dengan PJ Kades guna suksesnya penyelenggara pilkades.

“Segera bentuk kepanitian sesuai perda nomor 6 tahun 2015 tentang pilkades, perbup nomor 074 tahun 2015 tentang pilkades serentak dan perbup 11 tahun 2019 tentang perubahan atas perbup nomor 074 tahun 2015, serta peraturan perundang undangan yang berlaku,” tambah Idza.

Ada 35 PJ Kades dilantik di enam kecamatan yaitu Kecamatan Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Bumiayu, Sirampog dan Tonjong. Kecamatan Salem diantaranya Dartono PJ Kades Banjaran, Casno PJ Kades Capar, Uripto PJ Kades Ciputih, Suka PJ Kades Gandoang, Warsa PJ Kades Gunungjaya, Idham Nugraha PJ Kades Salem, Riswan PJ Kades Winduasri.

Kecamatan Bantarkawung diantaranya Ramidi PJ Kades Kebandungan, Abdul Rochim PJ Kades Ciomas, Ewon Sosiawan PJ Kades Legok, Saefudin PJ Kades Pangebatan, Pahruroji PJ Kades Bantarkawung. Kecamatan Paguyangan diantaranya Pamuji Heri Wirawan PJ Kades Kretek, Katub PJ Kades Wanatirta, Timbul Hadi Pramono PJ Kades Pandansari, Bambang Sugiyo PJ Kades Cipetung, Mamo Supratmo PJ Kades Taraban.

Selanjutnya, Kecamatan Bumiayu diantaranya Ratmono PJ Kades Langkap, Saman PJ Kades Dukuhturi, Nur Heppy PJ Kades Kalisumur, Casmin PJ Kades Kalinusu, Mukhlis PJ Kades PJ Kades Bumiayu. Kecamatan Sirampog diantaranya Toifuddin PJ Kades Benda, Mudhoffar Ismail PJ Kades Kaliloka, Sri Rohartati PJ Kades Sridadi, Ali PJ Kades Dawuhan, Heri Kurniawan PJ Kades Plompong, Agus Ansori PJ Kades Kaligiri, Iskandar PJ Kades Mlayang, Sirod PJ Kades Wanareja.

Kemudian Kecamatan Tonjong diantaranya Santoso Widianto PJ Kades Galuhtimur, Sugiarto PJ Kades Tonjong, Pahrudin PJ Kades Linggapura, Baridin PJ Kades Rajawetan, Khaerudin PJ Kades Kalijurang.

Pada saat itu juga dilaksanakan penyerahan Surat Keputusan (SK) bupati bagi Kades yang purna tugas pada Maret 2019. Ada 148 Kades telah berakhir masa jabatan di 17 kecamatan. Penyerahan diberikan secara simbolis oleh bupati kepada perwakilan Kades enam kecamatan.

Penerima, diantaranya Slamet Becco Kades Ciputih, Irham Farisy Kades Pangebatan, Kamdo Kades Pandansari, Maksudi Kades Tonjong, H Nachib Kades Benda, serta Mustolih Kades Langkap. Masing-masing menerima bantuan parimarma kepala desa dari Pemerintah Kabupaten Brebes sebesar Rp iya 10 juta.

Idza mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kades purna atas pengabdian selama enam menjabat. Karena sudah menjaga kesinambungan roda pemerintahan desa dan menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat desa dengan penuh tanggung jawab.

“Semoga saudara sekalian senantiasa diberi kesehatan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas selanjutnya. Saya juga berharap tetap berkarya dalam bidang masing-masing yang bermanfaat bagi sesama,” harap Idza.

Terakhir, menghadapi gelaran pesta demokrasi terbesar pemilu 2019 yaitu pilpres dan pileg yang dilanjutkan pilkades, kata Idza, peran dan tanggung jawab kita semua dalam menyukseskan proses pemilu nanti amat sangat dibutuhkan agar partisipasi aktif masyarakat meningkat dalam pemilu dan meminimalisir angka golput.

“Kepada saudara yang akan kembali berkompetisi dalam pilkades semoga senantiasa diberi kelancaran dalam menjalani tahapan pilkades. Jaga netralitas dalam pelaksanaan pilkades supaya pilkades dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” pungkas Idza.

Pelantikan PJ Kades dan Penyerahan SK Purna Kades disaksikan Asisten 1 Setda Brebes H Athoillah Syatori, PLT Kabag Pemerintahan Desa Laode Vindar AN, Forkopimcam, para Muspika, serta anggota BPD perkecamatan. (by,  wsd)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
PMI gratisa Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS