background img
bank bjb
Tolak Politik Transaksional, Bawaslu Brebes  Gelar Seni Budaya

Tolak Politik Transaksional, Bawaslu Brebes Gelar Seni Budaya

BREBES, -- Sebagai upaya menolak politik transaksional, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Brebes menggelar Pentas Seni dan Budaya di Stadion Karang Birahi Brebes, Sabtu (30/3) malam.  Ratusan penonton tumpah ruah menyaksikan pagelaran seni budaya Kabupaten Brebes tersebut.  Malam itu juga ditandadatangani  Deklarasi Pemilu Damai dan Menolak Politik Transaksiona antara Penyelenggara dan peserta pemilu.

Ketua Bawaslu Brebes Wakro menjelaskan, kegiatan ini serentak dilaksanakan oleh seluruh Bawaslu yang bekerja sama dengan KPU. Mulai dari Bawaslu Pusat, Provinsi hingga Bawaslu Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia.
“Ini upaya mensosialisasikan Pemilu serentak 2019 kepada seluruh lapisan masyarakat agar nantinya bisa menggunakan hak pilihnya, tanpa praktik politik transaksional,” ujar Wakro.

Wakro menegaskan bahwa jajarannya siap menerima laporan dugaan pelanggaran pemilu. “Jika menemukan dugaan pelanggaran, sampaikan kepada kami dan yakinlah bahwa kami akan menindaklanjutinya,” tegas dia.

Gelaran yang mengusung tema Pemberantasan Politik Transaksional Pada Pemilu Tahun 2019 dihadiri Asisten I Sekda Brebes H Athoillah Syatori. Atas nama Bupati, Athoillah berharap, parpol peserta pemilu dapat mengikuti dan melaksanakan tahapan dengan baik, dan juga mengimbau kepada seluruh warga untuk berpartisipasi aktif memberikan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Heru Cahyono SSos MA menyampaikan, Pemilu merupakan wujud kedaulatan rakyat. Dengan pemilu, masyarakat menjadi penentu arah pembangunan negara kedepan. Untuk itu,  dia mengimbau seluruh warga untuk dapat mensukseskan pemilu.

"Sukses penyelenggaraan dan sukses hasil. Partisipasi masyarakat harus ditingkatakan. Ketika warga tidak menggunakan hak pilih, maka keterwakilan kita hanya terpresentasikan oleh sekelompok saja.  Sebagai warga negara yang baik hendaklah berpartisipasi. Jadilah pemilih yang berdaulat, merdeka dan cerdas dalam memilih. Gunakan hak pilih dengan cerdas, sehingga terwujud  pemilu yang berkualitas," ajaknya.

Bawaslu Provinsi berharap, kata Heru, pengawasan partisipatif masyarakat agar berjalan dengan baik.
“Jika masyarakat menemukan dugaan pelanggaran, tapi tidak berani melaporkannya, maka bisa disampaikan kepada kami, nantinya masuk sebagai temuan Bawaslu,” tegas Heru.

Gelaran Seni Budaya menampilkan kesenian Tari Lodong Sekar Asih dari Desa Sindangjaya Kecamatan Kersana, Teater Kembang Forever, Kembang Kelana Brebes, dan Band Arthura.  Penonton yang bisa menjawab pertanyaan mendapatkan doorprice dari panitia.

Tampak hadir Penjabat Sekda Brebes Djoko Gunawan, Asisten I Sekda Brebes Athoillah, Ketua Bawaslu Provinsi Jateng Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Heru Cahyono dan juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kapolsek Brebes, Ketua  Komisioner dan Sekretaris KPU, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Brebes, dan juga sejumlah anggota KPPS dari berbagai wilayah Brebes serta tamu undangan lainnya serta ratusan penonton.

Berita Lainnya
IKLAN  BRBES NEBENG IKLAN SALES MOTOR RADIO THOMSON TEGAL BJB IKLAN
PMI gratisa RADIO THOMSON TEGAL amanah umah thomson radio
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS