background img
bank bjb
Bantuan Hibah PDAM Tirtawening 45 M Untuk 15 Ribu Sambungan MBR Masih Dipertanyakan

Bantuan Hibah PDAM Tirtawening 45 M Untuk 15 Ribu Sambungan MBR Masih Dipertanyakan

BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan dana hibah  kepada Pemerintah Kota Bandung sebesar 45 miliar pada tahun 2018  untuk pemasangan 15 ribu sambungan baru pipa air minum bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Hibah ini merupakan ketiga kalinya yang diterima Pemkot Bandung dimana tahun sebelumnya,  pada tahun 2016 PDAM Tirtawening Kota Bandung mengusulkan 1.000 SR dengan realisasi 695 SR.

Kemudian pada tahun 2017 PDAM mengusulkan 5.600 SR dengan realisasi 5.221 SR, dan pada tahun 2018 ini PDAM Tirtawening Kota Bandung mengusulkan sebanyak 15.000 SR.

Semua bantuan tersebut diberikan setelah Pemkot Bandung menginvestasi terhadap pembangunan infrastruktur dasar dan menunjukkan kinerja yang baik.Setelah infrastruktur terpasang, kementerian akan memverifikasi kepada penerima manfaat, barulah bantuan tersebut dicairkan.

Kalau di hitung 15 ribu sambungan rumah pada tahun 2018, itu berarti hampir sekitar 60–70 ribu jiwa yang harus dilayani sampai akhir tahun.

Dimana  tahun 2018 bagi pemasangan baru pelanggan MBR  pihak PDAM kota Bandung mengenakan biaya pasang baru sebesar 465.000 sesuai SK Direksi yang dikeluarkan (SK Direksi Nomor 900/Kep.9.2-PDAM 2018).

Akan tetapi hasil pantauan  media daring Sinar Pagi News.Com dilapang, bagi pemasang baru pelanggan  MBR, masih ditemukan adanya biaya tambahan yang besaranya berpariatif, hal tersebut yang masih dipertanyakan (red)

NN, nama disamarkan salah seorang  pelanggan baru MBR, mengungkapkan “ Ia Pa betul kalau surat edaran dari PDAM Tirtawening memang hanya Rp.465.000, itu pun  dicicil tiga kali,  namun biaya  kami  bisa bayar lebih dari itu yaa ada biaya lain Pa, apa lah seperti itu tapi sayang yaa Pa,airnya jarang ngalir  “Ungkapnya.

Dikatakan Direktur PDAM Kota Bandung Sonny Salimi melalui surat jawaban yang Sinar Pagi News Com konfirmasikan beberapa hari yang lalu, bahwa pihaknya (PDAM) betul terima bantuan dari pemeritah pusat melalui pemerintah daerah Kota Bandung (Pemkot) dalam bentuk penyertaan modal pada bulan Desember 2018 lalu.

Dalam surat jawaban tersebut, Sonny tidak menyebutkan berapa dana hibah yang sampai  atau diterima PDAM Kota Bandung dari pihak Pemkot Bandung  dan Sonny menyampaikan tidak membenarkan adanya mark up bagi pemasang baru MBR atau pungutan liar dilapangan.

Sementara pihaknya sudah mengeluarkan SK besaran biaya untuk  sambungan pasang baru bagi pelanggan MBR sebesar 465.000. demikian balasan yang kami terima melalui email redaksi sinarpaginews@yahoo.com.

Sementara Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Bandung Usep Suhendi mengatakan, belakangan ini pelayanan air PDAM Kota Bandung kurang maksimal air sering mengalami ganguan bahkan sehari dua hari tidak mengalir, seolah pemasangan yang baru MBR  tersebut terkesan  dipaksakan.

Apalagi terkait Dana Hibah dari Kemen  PUPR, Usep mengatakan “sudah waktunya publik mengetahui  dana hibah itu transparan  berapa dana dari Pemkot Bandung ke  pihak PDAM dan sampai kepada yang dituju yaitu pengguna manfaatnya (MBR) Kota Bandung.

Kita garis bawahi, itu uang adalah punya rakyat seharusnya pihak PDAM Kota Bandung  terbuka untuk bantuan hibah tersebut yang sudah memperoleh beberapa kali, jangan hanya instansi pemerintah terkait pemeriksa saja yang harus menerima laporan,  toh masyarakat sendiri harus tau pertangung jawabanya sampai dimana.

Apakah dana sebesar 45.Milliar itu, sudah terealisasikan semuanya kepada masyarakat MBR Kota Bandung  apa belum, terlagi jika dilapangan masih adanya oknum yang menyalahgunakan tentunya  LAKI sendiri akan ikut memantau dan mengumpukan temuan dilapangan selanjutnya akan kami laporkan sesuai prosedur “.demikian dikatakan Usep.


Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4