background img
bank bjb
LSM ICON RI Labuhanbatu : Apa Dasar Hukum CV Maju Jaya Melanjutkan Pekerjaan Perluasan Pipa

LSM ICON RI Labuhanbatu : Apa Dasar Hukum CV Maju Jaya Melanjutkan Pekerjaan Perluasan Pipa

Labuhanbatu, Sinar Pagi News.Co.Id. Entah dasar hukum apa CV Maju Jaya  tetap melanjutkan pengerjaan lanjutan perluasan pipa distribusi dan sambungan rumah di Kelurahan Padang Bulan dan Kelurahan Kartini di kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.


Padahal perusahaan sudah diberi perpanjangan waktu 90 hari, namun kurun waktu tersebut diketahui tidak dapat mengakhiri spesifikasi pekerjaan sesuai pada kontrak. 


Rahmat Fajar Sitorus ketua DPD LSM Investigasi Coruption Nasional (ICON) Republik Indonesia (RI) di Rantauprapat saat diminta tanggapannya, Sabtu (27/4/2019) terkait hal tersebut mengatakan"Apa dasar hukum CV Maju Jaya melanjutkan pekerjaan itu ? " tanya Sitorus.


Dijelaskannya, Berdasarkan Pasal 4 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 194/PMK.05/2014 tentang Pelaksanaan Anggaran Dalam Rangka Penyelesaian Pekerjaan yang Tidak Terselesaikan Sampai Dengan Akhir Tahun Anggaran sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 243/MPK.05/2015, pemberian kesempatan menyelesaikan pekerjaan maksimal 90 hari kalender.


"Perpanjangan waktu kontrak dan pemberian kesempatan penyelesaian pekerjaan dilaksanakan sebelum berakhirnya kontrak, jadi layak dipertanyakan apa dasar hukum CV Maju Jaya melanjutkan pekerjaan tersebut, padahal sudah diberi waktu 90 hari" ujar Sitorus.


Perlu diketahui, masa pemeliharaan proyek adalah masa waktu pembuktian bahwa hasil pekerjaan benar-benar berkualitas baik dan apabila ada kerusakan yang ditemukan dalam masa tersebut, penyedia bertanggung jawab untuk memperbaikinya. 


"Masa pemeliharaan dihitung sejak serah terima pertama hasil pekerjaan (Provisional Hand Over) dan berakhir pada saat serah terima akhir hasil pekerjaan (Final Hand Over)" papar Sitorus


Terpisah, Inspektur Pembantu (Irban) Tiga di Inspektorat Pemkab Labuhanbatu, Indra Lubis membenarkan kalau dasar hukum melanjutkan pekerjaan dimaksud tidak ada, karena sudah mendapat perpanjangan waktu 90 hari.


"Saya juga belum tahu. Apa dasar hukum atau payung hukum melanjutkan pekerjaan itu" ujar Lubis menjawab wartawan.


Sebelumnya, Amid Darwin Simanjutak, PPK proyek tersebut menyebutkan, ada dua materi pekerjaan yang sampai saat ini belum selesai dikerjakan, yaitu uji coba kebocoran pipa dan pengecoran bekas galian pipa.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS