background img
bank bjb
Kapolda Sumut: Pelaku Makar Akan Ditindak Tegas

Kapolda Sumut: Pelaku Makar Akan Ditindak Tegas

MEDAN, - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Agus Andrianto, menegaskan, Polda Sumut akan mengambil tindakan tegas terhadap berbagai pihak yang berupaya melakukan tindakan makar terhadap pemerintahan yang sah.

"Di sini, sudah dua orang yang melaporkan terkait dengan gerakan tersebut. Dalam Pasal 107 tidak menunggu akibat dari perbuatan itu terjadi, sebab sudah ada ajakan sebagai tahapan-tahapan langkah persiapan," ujar Kapolda Sumut di Hotel JW Marriott Medan, Kamis (9/5/2019).

Kapolda mengingatkan, pihak-pihak yang terkait atas tindakan makar supaya tidak kaget bila Polda Sumut menerapkan pasal tersebut. Kapolda tidak akan memandang orang yang melakukan makar meski itu melibatkan orang terkenal.

Tindakan makar ini muncul menyusul adanya rencana pihak tertentu yang ingin menunjukkan people power atas hasil penyelenggaraan pemilu. Kelompok itu menuding adanya berbagai kecurangan dalam pemilu.

Menurut Kapolda, bila pihak tertentu menemukan indikasi kecurangan pemilu seperti yang dilontarkan, supaya memiliki bukti dan kemudian dilaporkan.

"Kalau memiliki bukti pasti diproses melalui proses hukum dan dibuktikan dulu, nanti sama aparat penegak hukum tidak percaya, penyelenggara Pemilu tidak percaya, jadi percayanya sama siapa," ujar Kapolda.

Ditambahkan, pergelaran pesta demokrasi pada tahun ini terlihat sangat jujur dan transparan. Terlihat dari rekapitulasi rapat pleno yang dilakukan di seluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Sumut sendiri.

"Saya rasa kita bisa lihat sendiri kan, bagaimana pergelaran rapat pleno rekapitulasi yang dilakukan pihak penyelenggara, semua transparan tidak ada yang ditutup-tutupi," imbuh Kapolda.

Oleh karena itu, Kapolda mengharapkan, semua pihak bisa bersikap dewasa dan dapat menerima hasil yang ada.

"Sepanjang dengan data yang benar, valid datanya kemudian di kroscek dengan penyelenggara yang ada, jangan data pihak yang lain dianggap salah, dan data dia sendiri yang benar," pungkas Kapolda.(SP).



Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS