background img
bank bjb
Danmenkav 2 Mar Pimpin Upacara Harkitnas di Sarang Petarung Lapis Baja

Danmenkav 2 Mar Pimpin Upacara Harkitnas di Sarang Petarung Lapis Baja

SURABAYA,Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar ) Kolonel Mar Arif Handono, S.A.P  pimpin upacara peringatan hari Kebangkitan  Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di Lapangan Apel Kesatrian Marinir Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya,Senin (20/05/2019)

Upacara hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 tahun 2019, dilaksanakan dengan penuh khidmat, di awali upacara penaikan bendera merah putih,mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila oleh inspektur upacara di ikuti pasukan upacara, di lanjutkan pembacaan UUD, pengucapan Sapta Marga, dan pembacaan Panca Prasetya Korpri.

Dalam amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bapak Rudiantara, yang dibacakan Danmenkav 2 Mar, mengatakan bahwa dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: "sira gajah mada mahapatih amangkubhumi tan ayun amukti  palapa, sira gajah mada: lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun,ring seram, tanjung pura, ring haru, ring pahang, dompo, ring bali, sunda palembang, tumasik, samana isun amukti palapa" memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan "amukti palapa". Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, pada umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang  Mahapatih Gajah Mada. Artinya ia tak akan menghentikan puasanya atau mati raga sebelum mempersatukan nusantara. Sumpah Palapa  tersebut merupakan embrio paling kuat bagi menjalin persatuan Indonesia. 

Peringatan hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, tanggal 20 Mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Situasi negara berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi bagian besar masyarakat yang mengapresiasikan pilihan beda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti diniatkan untuk kebaikan bangsa, lanjut Danmenkav 2 Mar

Lebih lanjut, Danmenkav 2 Mar menyampaikan bahwa telah lebih satu abad ditorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, di tingkat rentang geografis yang merupakan salah satu paling extrem di dunia, membuktikan bahwa kesatuan dapat terjaga sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kerenggangan perbedaan pendapat, serta keterbelahan sosial akan kembali bersatu.

Di akhir sambutannya, Danmenkav 2 Mar mengucapkan selamat memperingati hari kebangkitan nasional yang ke-111, seraya mengajak agar sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan menuju kejayaan di pentas global.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadanmenkav 2 Mar Letkol Marinir M. Rizal,S.E,M.M, Para Perwira Staf Danmenkav 2 Mar, Para Dansatlak Menkav 2 Mar, dan Perwira jajaran Menkav 2 Mar

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Jadiri  tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS bess travel Brebes 4