background img
bank bjb
Polres Garut Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019

Polres Garut Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019

GARUT, - Dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2019 digelar upacara Apel Gelar Pasukan yang diikuti 600 personil gabungan, bertempat di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, kabupaten Garut, Selasa (28/05/2019).

Apel yang dipimpin Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, turut dihadiri Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Wakil dari Danrem 062 Tarumanagara, Wakil dari Denpom III/ 2 Garut, Wakil dari Danyon 303 Kostrad, Kasdim 0611/Garut Mayor Inf Hamzah Budi Susanto, Subden 4 A Sat Brimob Polda Jabar, jajaran Dishub, BPBD, PUPR, Damkar, Kasatpol PP, Dinas Kesehatan, FKPM, Shaka Bhayangkara, dan tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan tersebut Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna yang membacakan amanat Kapolri mengatakan Operasi Ketupat Tahun 2019, yang akan digelar selama 13 hari, mulai Rabu dini hari tanggal 29 Mei 2019, sampai dengan hari Senin tanggal 10 Juni 2019, memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya. Operasi Ketupat Tahun 2019 akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu Tahun 2019, hal tersebut membuat potensi kerawanan yang akan dihadapi dalam penyelenggaraannya semakin kompleks.

“Sejalan dengan hal tersebut, berbagai gangguan terhadap stabilitas kamtibmas berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri. Berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian,

perampokan, penjambretan, begal, dan premanisme. Aksi intoleransi dan kekerasan, seperti aksi sweeping oleh ormas, gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara. Permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok. Serta bencana alam, tetap menjadi potensi kerawanan yang harus diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Tahun 2019,” ujarnya.

Operasi Ketupat Tahun 2019 akan diselenggarakan di seluruh 34 Polda dengan 11 Polda prioritas, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jawa Timur, Polda Banten, Polda Lampung, Polda Sumatra Selatan, Polda Sulawesi Selatan, Polda Bali, dan Polda Papua. Operasi akan melibatkan 160.335 personel gabungan, terdiri atas 93.589 personel Polri, 13.131 personel TNI, 18.906 personel Kementerian dan Dinas terkait, 11.720 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16.076 personel Organisasi Kemasyarakatan dan Kepemudaan.

“Akan digelar 2.448 Pos Pengamanan, 764 Pos Pelayanan, 174 Pos Terpadu, den 12 lokasi check point sepeda motor, pada pusat aktivitas masyarakat, lokasi rawan gangguan kamtibmas, serta lokasi rawan gangguan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Objek pengamanan, antara lain berupa 898 terminal, 379 stasiun kereta api, 592 pelabuhan, 212 bandara, 3.097 pusat perbelanjaan, 77.217 masjid, dan 3.530 objek wisata,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menuturkan Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan secara serentak, mulai dari tingkat Markas Besar hingga ke Jajaran Polres. Ada 2 tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan ini: Pertama, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergisitas dan soliditas komponen penyelenggara. Kedua, apel gelar pasukan diselenggarakan dengan maksud untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Sementara itu, Wakil Bupati Helmi Budiman mengatakan, Pemkab Garut mendukung penuh Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2019 Polres Garut guna menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Tentu kita akan mendukung penuh dalam kegiatan ini, baik dari anggota keamanan, kesehatan, hingga infrastruktur yang ada di Kabupaten Muba,” ujar Helmi.(spn/hms)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
ASTRA MOTOR COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS