background img
bank bjb
Pilkades E-voting Harus Masif di Sosialisasikan

Pilkades E-voting Harus Masif di Sosialisasikan

BREBES, -- Penyelenggaraan Pilkades Serentak gelombang ke-2 dengan sistim elektronik atau E-Voting perlu disosialisakan secara masif. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu E-Voting. Persoalan tersebut, menjadi pokok bahasan utama dalam Rakor Ipoleksosbudkam yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Brebes di Aula Serbaguna Gedung DPRD, Kamis (25/7).

Untuk itu, Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH melalui Asisten I Setda Brebes Athoillah SE MSi meminta semua pihak untuk ikut serta mensosialisasikan dan memberikan pemahaman secara benar terkait penyelenggaraan Pilkades dengan sistim E-Voting. Termasuk adanya penolakan dari kelompok warga, karena ketidaktahuan proses E-Voting.

“Adanya penolakan, karena mereka tidak tahu. Untuk itu, menjadi kewajiban kita untuk mensosialisasikan kepada masayrakat secara masif,” ajak Athoillah.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik yang juga PLt Kabag Pemerintahan Desa Laode Vindar mengatakan Pilkades e-voting lebih praktis. Dilihat dari segi biaya lebih hemat bila dibandingkan dengan pilkades sistim manual. Sistem e-voting juga dapat meminimalisir permasalahan yang muncul saat pelaksanaan maupun pasca Pilkades.

Laode menandaskan, E-voting telah digunakan 981 kali Pilkades di 18 kabupaten dan 11 provinsi dan semuanya berjalan baik.

Sementara itu Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kabag Ops Kompol Harry Sutadi menyampaikan, kalau pihaknya mendukung Pilkades E-Voting. Dukungan tersebut dalam bentuk kesiapsiagaan jajaran Polri sesuai dengan tupoksi yang dimiliki.

Dia mengungkapkan, jajarannya merasa senang karena proses dan tahapan Pilkades serentak gelombang pertama dapat berjalan sukses dan lancar hingga pasca dilantiknya Kades terpilih. Pihaknya juga berharap, Pilkades gelombang kedua bisa berjalan lancar dan sukses meskipun harus ada upaya sosialisasi kepada masyarakat, mengingat sistim yang digunakan berbeda dari pilkades sebelumnya.

Rakor diikuti para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Camat, Danramil, dan Kapolsek Se kabupaten Brebes. Kabag Ops Polres Brebes Kompol Harry Sutadi, Pasi Intel Kodim 0713 Brebes Kapten Inf Tuteng Aryalona, perwakilan Kejaksaan Negeri Brebes, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik yang juga PLt Kabag Pemerintahan Desa Laode Vindar Aris dan Kasi Politik Dan Antar Lembaga Kantor Kesbangpol Kukuh Prasetyo. (Yaser Arafat /Wasdiun)

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4