background img
bank bjb
Wacana Eks Koruptor Dilarang Ikut Pilkada Dinilai Positif

Wacana Eks Koruptor Dilarang Ikut Pilkada Dinilai Positif

JAKARTA,  – Wacana agar mantan narapidana korupsi atau koruptor dilarang maju pemilihan kepala daerah (pilkada) dinilai positif. Meski begitu, perlu dipertimbangkan kemungkinan adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), apabila usulan itu dimuat dalam undang-undang (UU).

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (Indenis), Girindra Sandino kepada SP, Selasa (30/7).

“Wacana koruptor dilarang ikut pilkada itu memang bagus. Cuma tetap saja itu suatu pelanggaran terhadap hak politik. Tapi kalau mau dijalankan enggak apa-apa. Hanya mungkin akan digugat ke MK,” kata Girindra.

Girindra mengungkap, MK pernah memutus uji materi UU Pilkada yang mengatur mengenai larangan mantan narapidana mengikuti pilkada. Dalam putusannya, mantan terpidana dibolehkan maju sepanjang secara terbuka dan jujur menyampaikan ke publik pernah dipidana.

Girindra menjelaskan, setiap mantan narapidana telah menjalani hukumannya.

“Memang korupsi itu kejahatan luar biasa, tapi bagaimana pun setiap mantan narapidana sudah membayar dosanya di penjara, sudah jalani hukuman. Tentu mereka juga punya hak,” ujar Girindra.

Konvensi

Menurut Girindra, partai politik (parpol) perlu melakukan konvensi internal untuk menjaring calon pemimpin daerah. Dengan begitu, lanjut Girindra, terdapat peluang lahirnya kandidat yang benar-benar mumpuni.

“Harus ada konvensi di internal partai. Lebih bagus lagi kalau diatur dalam UU Pilkada. Selama ini kan tidak. Hanya mereka yang cenderung punya uang yang punya peluang besar diusung partai,”kata Girindra.

Melalui konvensi, Girindra menambahkan, publik dapat memantau proses rekrutmen.

“Saya kira jalan paling ampuh melahirkan calon-calon pemimpin daerah yang berkualitas adalah konvensi. Sifatnya kan terbuka. Publik bisa ikut awasi, termasuk KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),” ucap Girindra.

Sumber: Suara Pembaruan

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS