background img
bank bjb
Laporkan, Bila Temukan Rokok Bercukai Palsu

Laporkan, Bila Temukan Rokok Bercukai Palsu

BREBES, -- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes Johari SH melalui Kabid Komunikasi dan Kehumasan Lusiana Indira Isni SSos MIkom mengajak masyarakat untuk melaporkan ke pihak yang berwajib bila menemukan rokok bercukai palsu. Pasalnya, rokok tersebut melanggar undang undang dan juga bisa merusak kesehatan.

Demikian disampaikan Lusiana saat Sosialisasi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai di aula obyek wisata Tirta Husada, Cipanas, Desa Kedungoleng Kecamatan Paguyangan, Brebes, Selasa (30/7).

Selain petugas Bea dan Cukai, Pemkab, Pemdes, dan masyarakat harus berperan aktif mengawasi dan melaporkan jika menemukan barang-barang dengan cukai palsu, serta terindikasi ilegal.

Lusi mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam memberantas peredaran rokok tanpa cukai. Peran serta masyarakat dapat dilakukan dengan tidak membeli rokok tanpa cukai itu. Juga melakukan penyadaran pada masyarakat lainnya dan juga menginformasikan pada pihak berwenang.

"Mari kita gempur peredaran rokok tanpa cukai atau cukai palsu agar tidak terus beredar," tegas Lusi.

Selanjutnya, masyarakat juga diminta untuk ikut serta menyebarkan informasi-informasi yang positif di lingkungannya. Hal itu penting selain untuk memberantas berita hoaks yang menyesatkan.

"Informasi positif penting untuk disebarkan pada masyarakat umum dan ini diharapkan dapat dilakukan oleh masyarakat, terutama mereka yang biasa disebut sebagai jurnalis warga," tutur Lusi.

Lusi mengutarakan, ada beberapa hal yang menarik yaitu masyarakat di daerah yang juga ikut mengawasi cukai di lapangan, terkadang sering menemukan rokok yang belum dilengkapi pita cukai dan ada pula cukai palsu.

"Rokok tanpa cukai masih banyak beredar dan itu merugikan bagi negara,"

Sosialisasi digelar atas kerja sama Dinkominfotik dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal. Sosialisasi mengusung tema "Mari Bersama Berantas Peredaran Rokok Tak Bercukai/Bercukai Palsu".

Kasubsi Intelejen Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Tegal, Gatut Susetya Aji menerangkan, sosialisasi ini dilaksanakan demi mewujudkan misi untuk menghentikan peredaran rokok ilegal, dan peredaran pita cukai palsu. Selain itu, meminta kesediaan masyarakat untuk menjadi agen pemantau barang-barang ilegal yang beredar di sekitar mereka.

“kami harapkan empati dan peran serta masyarakat langsung ataupun secara tidak langsung dengan cara menginformasikan kepada Kantor Bea Cukai Tegal,” ajaknya.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS