background img
bank bjb
Deklarasi Gagak Lumejang Nasional 2019 di Garut

Deklarasi Gagak Lumejang Nasional 2019 di Karangpawitan Garut (Foto: Asep Ruslan)

Lestarikan Warisan Budaya Leluhur

Deklarasi Gagak Lumejang Nasional 2019 di Garut

GARUT - Deklarasi  pengukuhan ketua dan anggota Organisasi Gagak Lumejang Nasional  5 Kabupaten se Jawa Barat yang dilaksanakan di Kp. Ciparay Desa Lebakjaya Kec. Karangpawitan Kab. Garut yang di hadiri Forkom kec. Karangpawitan dan 1.000 orang  lebih dari 5 kabupaten di Jawa Barat, Senin (19/8/2019).

Sesuai SK Kemenhumham 27 November 2018, keberadaan organisasi ini sangat erat kaitannya dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap budaya dan situs peninggalan para leluhur yang sudah hampir punah di berbagai daerah.

Gagak Lumejang Nasional yang di kukuhkan akan bergerak dan bersinergi dengan pemerintah dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan kesosialan serta pembangunan makam keramat.

Moh. Wahyu Yunus MD, Ketua Umum Gagak Lumejang (Foto: Asep Ruslan)

Ketua Umum Organisasi Gagak Lumejang Moh. Wahyu Yunus MD yang biasa dipanggil Abah Wahyu ditemui Sinarpaginews.com disaat setelah pelaksanaan penyampaikan tujuan visi dan misi. 

Ketua Umum Gagak Lumejang, Moh. Wahyu Yunus MD yang biasa dipanggil Abah Wahyu mengatakan visi dan misi organisasinya.

“Nu jauh dideukeutkeun, nu geus deukeut dipaheutkeun, geus paheut urang silih asah silih asih silih asuh tur silih wangikeun”. Yang artinya yang jauh didekatkan, sudah dekat dieratkan kalau sudah erat kita saling mengingatkan, saling mengasihi, saling menolong, dan saling menghargai satu sama lain demi mencapai satu tujuan,” terang Abah Wahyu, Senin (19/8/2019).

Pengurus Gagak Lumejang Nasional tahun 2019 (Foto: Asep Ruslan)

Kata Abah Wahyu, pihaknya sudah mengadakan perawatan situs, membersihkan, dan penataan. Selain itu membuat beberapa tempat pemakaman umum (TPU), pembuatan jamban umum, saluran air, dan bakti sosial lainnya yang berkitan dengan kebutuhan masyarakat umum.

“Semua pekerjaan ini dilaksanakan oleh anggota tanpa minta bantuan pihak luar, hanya mengandalkan sumbangan dari anggota,” ujarnya.

Lestarikan Warisan Budaya Leluhur (Foto: Asep Ruslan)

“Semoga semua situs keramat  pemakaman umum serta budaya di lingkungan kita bisa semakin terawat dan terjaga keaslianya, serta akan lebih berarti buat pemerintah dan warga masyarakat yang membutuhkannya,” harapan Abah Wahyu. 

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 TRAVEL BESS