background img
bank bjb
Komandan Yonranratfib 2 Mar Pimpin Langsung Latihan Body Breathing Bagi Prajutit Fighter Sejati

Komandan Yonranratfib 2 Mar Pimpin Langsung Latihan Body Breathing Bagi Prajutit Fighter Sejati

SURABAYA,Pernafasan tubuh (body breathing) merupakan salah satu materi latihan prajurit matra laut khususnya Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) sebagai awak kendaraan tempur (ranpur) amfibi yang sering melaksanakan kegiatan latihan operasi amfibi maupun tugas-tugas bantuan melalui laut. Untuk itu maka teknik Body Breathing dipandang perlu menjadi suatu keharusan bagi prajurit Fighter Sejati sebagai antisipasi apabila Ranpur mengalami trouble pada saat manuver di laut.

Pada kesempatan kegiatan latihan body breathing kali ini yang merupakan salah salah satu latihan aspek laut dipimpin langsung oleh Komandan Yonranratfib 2 Mar, Mayor Marinir Iwan Permana, S.H., M.Tr.Opsla, dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan prajurit Yonranratfib 2 Mar dalam rangka persiapan Latihan Gabungan TNI tahun 2019. Pelaksanaan latihan body breathing dilaksanakan di kolam renang Usman Harun Karangpilang, Surabaya. Kamis (22/08/2019)

Adapun sebelum pelaksanaan latihan body breathing, satu hari sebelumnya para peserta latihan terlebih dahulu telah dibekali pelajaran kelas oleh Perwira pelaksana latihan Kapten Mar Acmad Setyo Nugroho S.S.T, HAN, tentang beberapa materi diantaranya teknik penggunaan peralatan penyelamat di laut dan teknik penyelamatan diri maupun orang lain di laut, dilanjutkan pendalaman materi body breathing, penggunaan spare air serta pembekalan penggunaan alat selam oleh instruktur Sertu Mar Kuswanto dari Yon Taifib 2 Mar kepada para prajurit Yonranratfib 2 Mar untuk merefresh kembali materi latihan.

Dalam arahannya, Komandan Yonranratfib 2 Mar menekankan betapa pentingnya prajurit untuk memiliki pengetahuan, kemampuan dan keahlihan dalam berlatih body breathing sebagai wujud kesiapan prajurit pengawak Ranpur yang telah membekali diri bila terjadi trouble saat manuver di laut dan crew ranpur harus meninggalkan Ranpur (melaksanakan peran peninggalan cepat atau lambat).

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa latihan body breathing ini erat kaitannya sebagai penunjang faktor keamanan dan keselamatan ketika Ranpur melaksanakan manuver di laut yang memiliki tingkat kesulitan dan resiko lebih tinggi dibandingkan manuver ranpur di darat, oleh karena itu sebagai prajurit yang mempunyai tugas pokok sebagai unsur kendaraan amfibi untuk mendaratkan pasukan pendarat untuk selalu memprioritaskan prinsip zero accident baik dalam penugasan maupun latihan.

"Kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan ini agar dilaksanakan secara serius, bersemangat dan penuh rasa tanggung jawab sehingga kemampuan dan ketrampilan prajurit bisa terus terpelihara, meningkat dan tercapai dengan hasil latihan yang maksimal", tegasnya.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4