background img
bank bjb
Danmenkav 2 Mar Pimpin Upacara HUT TNI AL Ke-74

Danmenkav 2 Mar Pimpin Upacara HUT TNI AL Ke-74

SURABAYA,-Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Marinir Arif Handono, S.A.P memimpin upacara peringatan HUT TNI AL ke 74 di Lapangan Apel Kesatrian Soepraptono Semarung Ujung Surabaya. Selasa (10/09/2019).

Kegiatan upacara yang diikuti oleh seluruh prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Menkav 2 Mar ini mengambil tema “Bersama rakyat TNI Angkatan Laut siap membangun SDM unggul fondasi Indonesia maju", dengan pengucap Sapta Marga Serda Mar Triono dan bertindak selaku Komandan Upacara Kapten Mar Hery Santoso yang sehari-hari menjabat sebagai Wadankima Menkav 2 Mar.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Siwi Sukma Adji S. E, M.M yang dibacakan oleh Danmenkav 2 Mar menyampaikan bahwa selama 74 tahun, TNI AL telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis, ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional serta tindakan mitigasi yang tepat. Selain itu, TNI AL aktif terlibat menjamin kepentingan maritim indonesia, sesuai amanat UU pasal 9 nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur 5 (lima) tugas angkatan laut.

Lebih lanjut dalam amanatnya, Kasal menegaskan bahwa untuk mewujudkan sebuah kekuatan AL yang profesional dan modern siap tempur telah ditata dalam perencanaan strategis AL 5 tahun kedepan dalam kerangka kekuatan siap dioperasionalkan/operational ready force, dengan industri pertahanan dalam negeri membangun udara patroli maritim, masuknya Perusak Kawal Rudal (PKR) Kelas R.E. Martadinata, Heli anti kapal selam, kapal selam kelas Nagapasa, kapal patroli, kapal angkut pasukan, perlengkapan tempur Marinir dan peningkatan kekuatan pendukung lainnya seperti kapal rumah sakit dan pangkalan-pangkalan AL.

" TNI AL mengorientasikan ulang strategi penggunaan kekuatan dan gelar operasi setiap operasi KRI dan pesawat udara maritim yang ditunjang oleh peran pangkalan dalam melaksanakan patroli perlu secara aktif terlibat untuk memastikan keamanan maritim di seluruh wilayah yurisdiksi nasional Indonesia. Selain itu, pasukan Marinir juga berperan aktif dalam menjaga pulau-pulau terluar dan perbantuan pada keamanan nasional serta ikut melaksanakan ketertiban dunia." jelas Kasal.

Mengakhiri amanat, Kasal meyampaikan beberapa hal, pertama, tingkatkan keimanan/ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kedua, jawab tantangan bangsa ke depan, Ketiga, tingkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi tantangan global, Keempat, jalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat, Kelima, kembangkan intuisi dan naluri sebaga prajurit matra laut.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wadan Menkav 2 Mar Letkol Mar M.Rizal, S.E, M.M,  Pasintel Danmenkav 2 Mar Letkol Mar Yosafat R. Haryadi, Paspers Danmenkav 2 Mar Letkol Mar Soegeng, Paslog Danmenkav 2 Mar Letkol Mar La Ode Jimmy H.R, Danyon Kapa 2 Mar Mayor Mar Jaka Sulistiana Putra, dan para Perwira jajaran Menkav 2 Mar.

Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4