background img
bank bjb
Tahun 2023 Terbentuknya Kabupaten Bandung Timur

H. M. DADANG SUPRIATNA, S.Ip., M.Si. Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat. Foto: Istimewa.

HIMBAU: Semua Pihak Harus Objektif

Tahun 2023 Terbentuknya Kabupaten Bandung Timur

Laporan Wartawan m.sinarpaginews.com: Dimas Madia
 
UNTUK memuluskan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bandung Timur, penasehat Komite Independent Pengawasan Pembangunan dan Percepatan Pemekaran Kabupaten Bandung Timur (KIP4KBT), Ries Deni SH memandang, pemerintah harus mulai melakukan beberapa fase.
 
"Pemberangkatannya sudah dimulai dari dukungan Bupati Bandung, maka sudah harus dimulai fase pertama," Kata Ries kepada m.sinarpaginews.com di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa (17/9), pagi.
 
Video: Setda Kabupaten Bandung.
 
Fase pertama, lanjut Ries, pemerintah sudah membahas kajian anggaran baik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten maupun APBD Provinsi.
 
"itu sudah masuk pada fase pertama perjalanan pembentukan KBT," ungkapnya.
 
Pada fase kedua, Ries meneruskan, pemerintah Kabupaten Bandung memetakan pemisahan administrasi ditingkat Desa. "Bupati menginstruksikan Kepala Desa di daerah yang akan dimekarkan, maka itulah progres dimulai penunaian syarat adminitratif," tuturnya.
 
Tahapan berikutnya, lanjut Ries, persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten dan Bupati berjalan mulus. Maka, akan diteruskan ke Gubernur dan Persetujuan bersama DPRD Provinsi Jawa Barat.
 
"Selesai persetujuan ditingkat Provinsi, maka masuk pada penilaian Pemerintah Pusat", terangnya.
 
Menurut Ries, proses ditingkat pusat akan memakan waktu cukup lama. Namun, Gubernur Jawa Barat menegaskan, di tahun 2023 menargetkan calon DOB harus sudah ada keputusan final.
 
"Proses administratif dan proses politik di kab Bandung jika berjalan mulus, maka akan terlahir KBT paling lama di tahun 2023," jelasnya.
 
Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H.M Dadang Supriatna membenarkan, progres itu menjadi kebutuhan publik dan langkah - langkah pada fase tersebut mejadi syarat berjalannya pembentukan KBT.
 
"Ini merupakan suatu kebutuhan publik dalam rangka mempercepat pembangunan dalam segala bidang," kata Dadang yang akrab disapa kang DS, menambahkan.
 
Pada proses ini, H.M Dadang Supriatna yang juga selaku Ketua Asosiasi Legislatif Gotong Royong Jadikan Daerah Otonomi Baru (ALGOJO) mengajak kepada seluruh pihak untuk bersikap adil agar bisa berjalan dengan baik. 
 
"Marilah kita berfikir Positif thinking dengan tidak mengedepankan ego sektoral dan tentunya dari hasil kajian akan terlahir kesimpulan dengan dilakukan secara objektif," imbuhnya.
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 DEWAN BREBES
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4