background img
bank bjb
Jatinangor - Cimanggung Dibahas Ikut ke DOB Kabupaten Bandung Timur

Institute Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor. Foto: Istimewa.

Harapan: Bisakah Terjadi?

Jatinangor - Cimanggung Dibahas Ikut ke DOB Kabupaten Bandung Timur

Wartawan: Dimas Madia
 
CIMANGGUNG - Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang digadang - gadang masuk administrasi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bandung Timur (KBT) jika terjadi pemekeran wilayah Kabupaten Bandung.
 
Hal itu diungkapkan Direktur Executif NGO Konsorsium Putra Jaya Raya, Asep Surya Nugraha S.H, Kamis (18/9), saat bertemu dengan m.sinarpaginews.com di Kecamatan Cimanggung.
 
Asep mengatakan, opini itu muncul ketika masyarakat Jatinangor dan Cimanggung menerima kabar wilayah Kabupaten Bandung akan dimekarkan dengan DOB KBT. Lebih jauh, diketahui telah mendapat dukungan pihak Bupati Kabupaten Bandung.
 
"Tidak sedikit warga Kecamatan Jatinangor dan Cimangung bertanya kepada saya, bisakah kedua Kecamatan itu ikut DOB KBT jika dimekarkan nanti," Ungkapnya.
 
Kata dia, hal itu bisa dilakukan jika melalui konstitusi yang benar dan berdasarkan pertimbangan yang kuat. Namun, tidak akan mudah.
 
"Bisa dan sah - sah saja, namun pihak pemerintah Sumedang jelas akan berat," kata Dir Executive yang tak asing dikenal Pengacara Senior di Sumedang itu saat menjawab warga yang bertanya.
 
Keberatan pemerintah, kata Asep, ada beberapa pertimbangan yang melatarbelakangi beratnya Pemkab Sumedang.
 
Hal itu, diantaranya dari sisi kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Melalui data yang dimilikinya, PAD Kab. Sumedang tahun 2016 saja mencapai Rp 260 miliar, dari Kecamatan Jatinangor saja menyumbang hampir 30%.
 
"PAD dari Kecamatan Jatinangor saja, senilai Rp 78 miliar sekitar 30% itu ditahun 2016, dan saya ketahui tahun 2017 hingga di tahun 2018 kemarin, PAD nya naik apalagi jika ditambah Cimanggung, jelas itu pertimbangannya," katanya.
 
Asep nenyinggung, jika Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor masuk wilayah administrasi KBT. Maka, KBT akan menjadi wilayah yang sangat berdaya saing secara Nasional.
 
"Selain akan maju, persoalan di Wilayah Timur Kabupaten Bandung dari dulu hingga saat ini yang paling utama yaitu terkait Limbah, maka akan mempermudah solusi dan supermasi hukum, sebab dampak industri terbesar di Sumedang itukan posisinya di Bandung Timur", Jelas Asep.
 
Selain itu, Persoalan ketimpangan perhatian Pemkab Sumedang ke wilayah Barat dinilai kentara. Hal itu juga menambah nilai perlu jika Cimanggung dan Jatinangor di integrasikan ke DOB KBT.
 
"Kalo tidak ada perhatian, mending ikut saja apa kata orang," pungkasnya.
Berita Lainnya
hari Jadi tegal Hari Jadi tegal Hari Jadi tegal BJB IKLAN
sinar pagi news h idulfitri Hari Jadi Tegal Hari jadi Tegal 5 KAPOLRI RAMADAN
IKLAN SALES MOTOR Radio thomson tegal Kejari babel iklan colombus 2
purwakarta kab COLUMBUS MINICON1 Brebes 4