background img
bank bjb
Diduga Korupsi Sewa Lahan, Mantan Kades Anjun Plered Dijebloskan ke Penjara

Diduga Korupsi Sewa Lahan, Mantan Kades Anjun Plered Dijebloskan ke Penjara

PURWAKARTA – Kepala Desa Anjun Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta, AP diduga melakukan tindak pidana korupsi atas penyewaan tanah kas desa yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, AP harus mendekap  dijeruji besi.

Kapolres Purwakarta, AKBP. Matrius menyampaikan, kasus yang menjerat tersangaka AP tersebut berawal dari disewakannya tanah kas desa yang berlokasi di Kampung Anjun RT02 RW01 seluas 4.440 meter persegi dan di kampung Cidadapan RT18 RW04 seluas 3.371 meter persegi kepada PT. WIKA yang akan digunakan sebagai tempat pembuangan tanah merah (disposal) proyek KCIC dengan harga sewa Rp.49.500 per meter.

“Total pembayaran penyewaan tanah tersebut sebesar Rp 715. 507. 560,” ungkap Kapolres saat menggelar Press rilis di Aula Pengabdian Mako Polres Purwakarta, Selasa (19/11/2019).

Ditambahkan Kapolres, penyewaan tanah kas Desa tersebut berlangsung antara bulan Maret sampai juli 2019 lalu. Namun uang penyewaan dari tanah tersebut masuk ke rekening pribadi dan dipergunakan untuk keperluan pribadi dengan tujuan agar uang hasil penyewaan tanah tersebut tidak menjadi pendapatan Desa dan dapat digunakan secara langsung melalui prosedur penggunaan anggaran pendapatan Desa.

Diketahui, uang hasil pembayaran sewa tanah tersebut salah satunya sempat digunakan tersangka untuk berangkat melaksanakan ibadah umroh bersama istri dan dua orang Perangkat Desa Anjun.

“Uang tersebut selain dipergunakan tersangka untuk keperluan pribadi seperti membeli perabot rumah, juga sempat menggunakan uang tersebut untuk berangkat umroh,” papar Kapolres.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut, kini tersangka harus mendekam dibalik jeruji besi Polres Purwakarta.

“Tersangaka dijerat Pasal 2 (1) jo 3 Undang-undang no 31 tahun 1999 dan undang- undang no 20 tahun 2011 tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman pidana 4 hingga 20 tahun penjara,” jelas Kapolres

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor