background img
bank bjb
Polisi Ringkus Pelaku Penggelapan Belasan Mobil Rental

Polisi Ringkus Pelaku Penggelapan Belasan Mobil Rental

TEGAL - Pelaku penggelapan belasan mobil rental berinisial NF (39th) warga desa Kalikangkung, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal akhirnya diringkus jajaran Satreskrim Polres Tegal. Tersangka diringkus di Cirebon pada selasa 26 Nopember 2019 lalu di wilayah Cirebon.

Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto saat konferensi pers, Senin (9/12) di Mapolres mengatakan, pihaknya menerima laporan sebanyak 10 laporan dengan jumlah mobil yang diamankan ada 14 mobil dari berbagai jenis baik avanza, mobilio, pick up dan lainnya.

" Soal kasus ini ada 10 laporan yang diterima polres tegal dan polres tegal kota menerima 9 laporan. Dalam kasus ini, polres tegal mengamankan 14 unit mobil." Kata kapolres.

Modusnya, kata kapolres, pelaku mengiming imingi korban dengan memberikan harga sewa mobil yang tinggi, kemudian dikatakannya mobil tersebut akan disewa ke sejumlah institusi negara. Pelaku juga membuatkan surat sewa fiktif kepada korban.

Usai memperoleh mobil, pelaku sendiri langsung menggadaikannya dengan taksiran nilai 15-50 juta rupiah. Pelaku sendiri mengatakan mobil yang digadaikan ke sejumlah wilayah yakni kabupaten tegal cirebon, purbalingga, pekalongan dan kota lain.

Lebih lanjut dikatakan kapolres, dari 14 mobil yang diamankan, 6 unit mobil sudah diambil pemiliknya.

Dalam kasus ini, pelaku dijerat dengan pasal 372 dan pasal 378 penggelapan dengan ancaman hukuman paling lama 6 tahun. Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera mengambil kendaraanya, bagi yang merasa kehilangan.

Sementara itu, Kapolres Tegal melalui kasatreskrim AKP Gunawan Wibisono menambahkan, dalam kurun waktu sebulan di November sebanyak 23 laporan, sementara untuk tersangka 15 orang.

Tak hanya menangkap pelaku penipuan dan penggelapan mobil rental, polisi juga berhasil menangkap pencurian genset di kab.tegal, pencuri kotak amal di adiwerna dan margasari, pencuri dipasar tradisional dan aksi kejahatan lain.(hid/spn).

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor