background img
bank bjb
Pemkab Garut Raih Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia 2019

Pemkab Garut Raih Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia 2019

GARUT, - Pemerintah Kabupaten Garut meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Acara penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka memperingati Hari HAM Sedunia ke-71 tahun 2019 dengan mengambil tema “Pelayanan Publik yang Berkeadilan”, bertempat di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung, Selasa, 10 Desember 2019.

Dalam sambutanya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa penegakan HAM bukan hanya amanah konstitusi, tapi perlu dijunjung agar nilai-nilai kemanusiaan menjadi dasar hubungan antara pemerintah dengan rakyat.

"Saya harap, seluruh jajaran pemerintahan baik di pusat maupun daerah mempercepat upaya penyelesaian permasalah-permasalahan HAM tersebut secara baik," ucap Emil.

Saat ini pun, Jabar sudah memiliki 2.770 desa/kelurahan Sadar Hukum -jumlah terbanyak di Indonesia. Deklarasi Sadar Hukum di Jabar juga telah menjangkau tingkat institusi pendidikan setara SMA, SMK, dan MA.

"Semoga Peringatan HAM ke-71 Tahun 2019 ini dijadikan momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki kesadaran mengenai hak asasi manusia," tutup Emil.

Sementara itu menurut, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly, pada pertengahan 2019 ini Kemenkumham bersama Sekretariat Bersama (Setber) Rencana Aksi Nasional HAM (Ranham) sudah menyusun Ranham 2020-2024 atau Ranham generasi kelima.

Ranham ke depan akan fokus pada penyelesaian isu-isu HAM dari kelompok rentan, yakni perempuan, anak, penyandang disabilitas dan masyarakat hukum adat. Selain itu, Kemenkumham juga mendorong penerapan pelayanan publik yang berbasis HAM.

Dalam Puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 Tahun 2019 di Gedung Merdeka ini, Kemenkumham juga memberikan penghargaan kepada pemda yang dinilai peduli terhadap HAM.

"Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik dari unsur pemerintah, lembaga, masyarakat sipil, maupun masyarakat pada umumnya, yang telah bahu membahu sepanjang tahun 2019 untuk menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah yang baik bagi penghormatan, perlindungan, serta pemenuhan dan penegakan HAM," ucap Yasonna.

Sementara, Subbag Hukum Setda Garut, Cepi Ferdian, yang hadir mewakili Pemkab Garut, usai menerima penghargaan mengaku bangga atas penghargaan yang telah diraih Pemkab Garut dengan kategori Kabupaten Peduli HAM.

Menurut Cepi, Pemerintah Kabupaten Garut dapat mengikuti Hari Hak Asasi Manusia sedunia tahun 2019 yang ke 71 yang di selenggarakan secara nasional dan mendapatkan penghargaan Katagori Kabupaten peduli HAM.

"Tentu kami mengucapkan selamat kepada Pak Bupati dan Aparat Pemerintahan Daerah yang telah bahu membahu kerja bersama sehingga Kabupaten Garut dapat apresiasi dan penghargaan sebagai Kabupaten peduli Hak Asasi Manusia," pungkasnya.(spn/grt).

Berita Lainnya
bank bjb bank bjb bawah iklan umroh astra motor