background img
bank bjb
Penipuan Berkedok Rekrutmen PT KAI, Pelaku Raup Keuntungan Sebesar Rp 140 Juta

Penipuan Berkedok Rekrutmen PT KAI, Pelaku Raup Keuntungan Sebesar Rp 140 Juta

JAKARTA - Polda Metro Jaya berhasil meringkus FTS (25) dan IL (57) dalam kasus penipuan berkedok rekrutmen PT KAI.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pengungkapan kasus bermula dari adanya laporan polisi yang dibuat oleh 19 orang korban.

Menurut keterangan Yusri, dari para korban yang melapor, kedua pelaku berhasil meraup keuntungan sebesar Rp 140 Juta dari tindak penipuan berkedok rekrutmen kerja tersebut.

"Kerugiannya sekitar 140 juta yang dialami 19 orang korban yang melaporkan. Nanti terus kita akan dalami lagi ya kita kan cek aset-asetnya," katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Lebih lanjut, Yusri mengungkapkan kedua pelaku memanfaatkan uang hasil penipuan tersebut untuk berfoya-foya.

Selanjutnya pihak kepolisian akan segera mendalami kasus dan memeriksa aset kedua pelaku penipuan yang berhasil diringkus tersebut.

"Kita akan memeriksa semua aset-aset, rekening yang masuk kepada pelaku ini. Terakhir disampaikan bahwa uang yang sudah masuk ini dipakai habis oleh pelaku untuk berfoya-foya," tutur Yusri.

Untuk informasi kedua pelaku memperdayai para korbannya dengan mencatut tiga nama pejabat aktif di PT KAI. Nama jabatan yang dicatut di antaranya adalah Direksi, HRD, dan Vice President aktif PT KAI.

Bermodal nama pejabat tersebut, pelaku menjanjikan para korban yang tertipu dengan iming-iming akan menjadi pegawai PT KAI tanpa seleksi.

"Dicatut namanya berbeda-beda (jabatan) agar meyakinkan korban. FTS mencatuk tiga nama dengan tiga hp dan nomor yang berbeda. Korban dijanjikan masuk PT KAI dapat jabatan tanpa tes," tutur Yusri Yunus.

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor