background img
bank bjb
Ramdan Juniar Sebut Proyek Tanpa Papan Informasi, Proyek Siluman di Desa Lebak Anyar

Ramdan Juniar Sebut Proyek Tanpa Papan Informasi, Proyek Siluman di Desa Lebak Anyar

PURWAKARTA,Pembangunan air bersih terletak di Desa Lebak Anyar, dilokasi Rt.14 Rw.06 beberapa minggu baru rampung diduga proyek siluman, terbukti tidak ada papan plang proyek dilokasi dan tidak diketahui dari mana sumber dananya.

Seharusnya “Sesuai aturan, saat dimulai pelaksanaan pengerjaan pembangunan harus dipasang plang papan nama proyek. Agar masyarakat mengetahui jumlah anggaran dan ikut mengawasi,” ungkap Ramdan Juniar Ketua Manggala Garuda Putih,Selasa,(7/1/2020).

Menurutnya,Plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak Anggaran Dana Desa (Dd) yang bersumber dari negara dibangunkan supaya masyarakat tahu dari mana anggarannya berapa jumlahnya.

Kewajiban memasang Plang papan nama tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik/Non Fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

"kami meminta aparat penegak hukum untuk turun kelapangan mengcroscek, karena dikhawatirkan ada dugaan penyelewengan anggaran dalam pekerjaan pembangunan tersebut,"tegasnya.

Sementara saat di konfirmasi,Selasa,(7/1/2020) kepala Desa Lebak Anyar,Sopyana mengaku, sebelum pelaksanaan pembangunan sumbar air bersih sebesar Rp. 19.320.000, yang bersumber dari Dana Desa Tahap III tahun 2019 itu kami musyawarah dulu sama masyarakat setempat,bamusdes, rw.rt.di lingkungan setempat namun sambil papan proyek di buat.

"Papan proyeknya telat kelar dan nanti sekalian kami bikin tugu prasasti,dan sekarang sudah jadi akan segera di pasang tugu prasastinya,"ujarnya.

Ditambahkan,Terkait soal lahan yang digunakan pembangunan sumber air bersih tersebut diatas lahan warga yang sudah di hibahkan

"itu lahan hibah dari warga,dan ada berita acaranya,"ucapnya.

Setelah nanti kita pasang tugu prasasti akan ada serah terima bangunan sumber air bersih tersebut kepada warga untuk kebutuhan warga sekitarnya.

"kita akan serah terimakan kepada warga untuk di jaga dirawat dengan baik,"ungkapnya.

Berita Lainnya
HSN HARAPAN BERSAMA bank bjb bawah iklan umroh astra motor